Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 30 Juni 2020 | 07:31 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar video yang menampilkan pria diduga pelaku pembakaran bendera Partai PDIP saat demo tolak RUU HIP terjadi di Gedung DPR RI pada Rabut (24/4/2020). Pelaku disebut-sebut sebagai orang suruhan dari partai tersebut.

Video yang mengklaim pelaku adalah suruhan PDIP untuk bakar bendera tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama @Laki.

Dalam video berdurasi satu menit tersebut memperlihatkan seorang pria tengah duduk dan diinterogasi oleh beberapa orang lainnya.

Hingga saat ini, sebaran akun @Laki telah dibagikan sebanyak satu kali dan mendapat 33 komentar dari pengguna Facebook lainnya.

Berikut isi narasinya:

"Nemu vidio di pos di grup. Apa ini bener? Kalo bener .. K napa pdi p segitunya kalo bikin sekenario .. apa ini sama dg mobil smk dan foto di lobang got.."

Pada bagian cover video, nampak tulisan yang menyebutkan pelaku orang suruhan PDIP. Berikut isi narasi cover video"

"PDIP menyuruh orang untuk membakar bendera PDIP".

 

CEK FAKTA: Benarkah PDIP suruh orang bakar benderanya di demo tolak RUU HIP? (Turnbackhoax.id)

Benarkah PDIP sengaja suruh orang bakar bendera partainya saat demo seperti diklaim tersebut?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran dan cek fakta Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Senin (29/6/2020), klaim PDIP menyuruh orang untuk membakar bendera PDIP adalah klaim yang salah. Video yang diunggah tersebut merupakan video lama dan tidak ada kaitannya dengan pembakaran bendera PDIP.

Saat dilakukan pencarian fakta melalui mesin pencari gambar milik Google, diketahui bahwa gambar serupa pernah digunakan oleh beberapa media untuk memberitakan kejadian pada tahun 2018.

CEK FAKTA: Benarkah PDIP suruh orang bakar benderanya di demo tolak RUU HIP? (Turnbackhoax.id)

Pria dalam video tersebut adalah terduga pelaku perusak baliho penyambutan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono di Pekanbaru. Tak hanya baliho SBY, pelaku juga merusak sejumlah atribut Partai Demokrat.

Salah satu yang menggunakan gambar serupa dengan video tersebut adalah detik.com pada artikel berjudul “Ini Tampang Pelaku Perusak Baliho SBY di Pekanbaru” yang ditayangkan pada 15 Desember 2018.

Dikutip dari detik.com, disebutkan terduga pelaku perusak baliho penyambutan SBY hingga atribut Partai Demokrat di Pekanbaru, Riau telah diamankan oleh pihak berwajib.

CEK FAKTA: Benarkah PDIP suruh orang bakar benderanya di demo tolak RUU HIP? (Turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Dari penjelasan cek fakta di atas dapat disimpulkan, klaim PDIP menyuruh orang untuk membakar bendera PDIP di demo tolak RUU HIP adalah klaim yang tidak benar. Klaim tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan atau misleading content.

Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Amanda Manopo Cium Arya Saloka di Depan Media?