Jum'at, 21 Januari 2022
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 20 Desember 2020 | 16:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Akun Instagram harus dilengkapi dengan akun email serta tanggal lahir pengguna untuk persyaratan untuk membuka akun.

Namun belum lama ini peneliti keamanan, Sugat Pokharel mendapati sebuah bug tengah menyerang dan membuat informasi pribadi pengguna Instagram bocor ke publik.

Dilansir dari laman The Verge, serangan bug tersebut menggunakan alata Business Suite Facebook yang tersedia untuk semua akun bisnis Facebook.

Pembaruan eksperimental berarti bahwa akun bisnis Facebook ini ditautkan ke Instagram dan ditautkan ke dalam grup pengujian.

Ilustrasi Instagram. (Unsplash/Ben Kolde)

Alat Business Suite ini akan menampilkan informasi tambahan terkait pengguna termasuk alamta email dan ulang tahun mereka yang seharusnya bersifat pribadi.

Sugat Pokharel menemukan bahwa serangan bug tersebut berhasil pada akun yang disetel ke pribadi dan akun tersebut diatur ulang untuk tidak menerima DM dari publik.

Jika akun tidak menerima DM, pengguna kemungkinan tidak akan menerima pemberitahuan apa pun yang menenjukkan bahwa profil mereka mungkin telah dilihat.

Seorang pemburu bug berpengalaman, Pokharel menemukan bahwa Instagram sebenarnya tidak menghapus posting yang dihapus di bulan Agustus.

Dalam pernyataan yang diberikan juru bicara Facebook mengatalam bahwa bug hanya dapat diakses untuk waktu yang singkat, karena percobaan dimulai pada bulan Oktober.

Perusahaan tidak mengungkapkan berapa banyak pengguna yang diberi akses ke fitur tersebut, tetapi dikatakan bahwa itu adalah pengujian kecil dan penyelidikan tidak menemukan bukti penyalahgunaan akun Instagram.

BACA SELANJUTNYA

CEO Instagram Ungkap Perlu Adanya Aplikasi Khusus untuk Anak-anak