Senin, 29 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 01 Januari 2021 | 13:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Curhat susah dapat pekerjaan, ternyata ia baru sadar telah melakukan kesalahan konyol kenapa bisa terjadi. Ia baru menyadari surat lamaran yang digunakannya jadi penyebab tak pernak dibanggil perusahaan.

Setelah berulang kali melamar tak dipanggil interview, ia menyadari kesalahan besar. Ketika dicek, ternyata dia melakukan kesalahan tulis dalam surat lamaran atau Curriculum Vitae (CV)

Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup adalah kunci pertama yang harus disiapkan ketika mencari pekerjaan. Tak heran kalau para pencari kerja berlomba menyusun CV sebaik mungkin.

Tapi apa jadinya kalau CV yang sudah disusun dengan baik ternyata masih ada cacatnya? Tentu saja itu adalah hal mengerikan yang bisa berdampak ke masa depan pencari kerja.

Contohnya adalah unggahan Reddit yang sedang viral dan dibagikan di media Mirror baru-baru ini. Seorang pria membagikan cerita pacarnya yang gagal mendapat pekerjaan karena kesalahan di CV.

Semuanya berawal dari si wanita yang meminta sang pacar untuk menyimpan CV miliknya di komputer. Tapi saat disimpan, ternyata komputer otomatis mengubah header CV menjadi nama pengguna perangkat itu.

Akibatnya, nama yang tertulis di header CV tersebut adalah Princess Banana Hamm, sesuai dengan username komputer. Nahasnya, wanita itu tidak mengecek ulang saat hendak melamar kerja.

Kesalahan fatal di CV bikin wanita ini tak kunjung dapat kerja. (Reddit via Mirror.co.uk)

"Apa yang harus aku lakukan adalah menyimpan kembali resume pacarku di file baru dengan judul 'resume pacar'. Simpel kan? Salah," kenang si pria tentang kejadian 3 bulan lalu.

"Saat menyimpan resume tersebut, komputer pacarku mengira akan lucu kalau mengubah headernya menjadi nama pengguna profil (komputer). Princess Banana Hammock, yang dipendekkan menjadi Princess Banana Ham karena masalah spasi," lanjutnya.

Hal ini baru disadari oleh keduanya setelah tiga bulan kemudian. Di mana saat itu, wanita yang tak diketahui namanya itu sedang memeriksa CV miliknya lagi untuk syarat melamar pekerjaan berikutnya.

Setelah sadar bahwa header CV bermasalah hingga membuatnya tak kunjung mendapat pekerjaan, wanita tersebut pun marah dengan kekasihnya.

Tapi, sikap itu rupanya ditanggapi lain oleh pengguna Reddit. Mereka menganggap bahwa wanita itu juga salah karena tidak meneliti ulang CV miliknya sebelum dikirimkan ketika melamar kerja.

Di sisi lain, banyak juga yang mengambil pelajaran dari kejadian ini. Intinya, kita seharusnya lebih berhati-hati dalam mengecek semua persyaratan ketika ingin melamar pekerjaan.

Itulah kisah curhatan wanita sulit dapat pekerjaan, ternyata gegara header CV dalam surat lamaran yang dikirimkannya. (SuaraSumut.id/ Nur Khotimah).

BACA SELANJUTNYA

Pakar Takut dengan Kemajuan AI, Pekerja Rentan Tergantikan