Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 29 Januari 2021 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - WhatsApp telah mengumumkan penerapan otentifikasi biometrik dengan sidik jadi atau pengenalan wajah sebagai fitur keamanan.

Penerapan fitur keamanan ini wajib bagi pengguna yang hendak login pada WhatsApp Web dan aplikasi desktop.

Kabar ini disampaikan WhatsApp melalui siaran pers yang diterima Suara.com, Kamis (29/1/2021).

WhatsApp menyampaikan kalau otentifikasi biometri itu merupakan bagian dari upaya untuk menambah lapis keamanan saat pengguna ingin menyinkronkan akun dari ponsel ke komputer.

"Kami memanfaatkan sistem operasi ponsel yang telah mendukung fitur autentikasi wajah atau sidik jari. Ketika pengguna ingin menyinkronkan akun dengan WhatsApp Web, mereka akan diminta untuk melakukan autentikasi biometrik di ponsel mereka sebelum diminta memindai kode QR," terang WhatsApp.

Ilustrai WhatsApp. (WhatsApp)

Autentikasi wajah dan sidik jari yang dilakukan di perangkat pengguna otomatis terlindungi oleh sistem keamanan privasi sehingga WhatsApp tidak akan bisa mengakses informasi biometrik yang tersimpan di sistem operasi ponsel pengguna.

"Fitur keamanan baru ini hanya akan berfungsi pada ponsel yang mendukung otentikasi biometrik, seperti iOS 14 ke atas untuk iPhone dan sejumlah perangkat Android yang sudah kompatibel," tutup WhatsApp.

WhatsApp akan meluncurkan pembaruan sistem keamanan antar perangkat bersamaan dengan desain visual baru untuk WhatsApp Web.

Pembaruan fitur keamanan ini akan tersedia di ponsel pengguna yang kompatibel dalam beberapa minggu mendatang.

Itulah kabar terbaru dari penambahan fitur keamanan biomtrei yang kini harus digunakan saat login WhatsApp Web dan aplikasi desktop. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Memahami Pentingnya Keamanan dan Penyalahgunaan Data