Jum'at, 03 Mei 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 06 Februari 2021 | 14:30 WIB

Hitekno.com - Terkadang, kita bisa menemukan foto jadul yang menampakkan betapa kecenya orang-orang tempo dulu. Sebuah foto jadul mengenai seorang tentara yang berpose di depan toko ini bikin netizen salfok.

Netizen salfok dengan dua hal yaitu gaya tentaranya sekaligus nama toko yang tertera. Akun fanspage Instagram @potolawas membagikan postingan mengenai foto jadul beberapa orang di depan toko pada tahun 1950-an.

Fanspage tersebut sebenarnya membagikan ulang sebuah arsip yang tersimpan di University of Wisconsin–MilwaukeeLibraries atau dikenal sebagai UWM Libraries.

Foto yang dibagikan merupakan arsip foto jurnalis Amerika Serikat bernama Harrison Forman.

Jurnalis ini terkenal dengan puluhan ribu fotonya saat berkeliling Asia sekaligus saat dirinya melakukan reportase selama Perang Dunia 2 di mana ia juga pernah mewawancarai tokoh filsuf sekaligus pendiri Republik Rakyat Tiongkok, Mao Zedong.

Potret seorang petugas di depan toko 1950-an bikin netizen salfok. (Instagram/ potolawas)

Pada keterangan yang tertulis di UWM Libraries, Forman mencatat bahwa itu adalah pemandangan seorang petugas keamanan saat berkeliling di pasar pedesaan. Seorang petugas atau tentara ini berpose dengan sangat bangga di tahun 1950-an mengingat Indonesia berhasil merdeka.

"Anak muda Indonesia bangga mengabdi pada negara yang baru merdeka. Trooper ini memakai khaki (sejenis kain cokelat muda) dengan tas di punggungnya. Ia berjalan-jalan melalui pasar desa bersama istrinya sebelum kembali ke kamp," tulis deskripsi di UWM Libraries.

Keterangan lain menjelaskan bahwa pemandangan ini cukup familiar ditemukan saat Indonesia baru merdeka.

Potret seorang petugas di depan toko 1950-an bikin netizen salfok. (UWM Libraries)

"Rangkaian foto ini memperlihatkan kepada Anda pemandangan dari kehidupan sehari-hari di Indonesia. Pasar, wanita dan pejuang gerilya yang kembali, tentara muda dan istrinya, pedagang, dll. Petugas ini berpose bersama sang istri sebelum kembali ke kamp" tulis keterangan tambahan di UWM Libraries.

Banyak netizen yang menilai bahwa pose tentara ini cukup gagah dan trendi. Postingan berhasil menarik perhatian netizen setelah memperoleh lebih 8.400 Like dan ratusan komentar.

Potret seorang petugas di depan toko 1950-an bikin netizen salfok. (UWM Libraries)

"Fashionable banget," komentar @vian_levi.

"Gagah, aura semangat dan positif," tulis @visya11.

"Sama, aku juga salfok sama papan nama tokonya," balas @maripgunawan.

"Namanya Liang Taij dan jualan payung," kata @eriksabarino.

"Tas anyaman yang di belakang tentara, keren," pendapat @yunianasatiti78.

Itulah tadi foto jadul tentara 1950-an yang bikin netizen salfok, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Petugas Tim SAR Minta Direkam Saat Bekerja, HP Jadulnya Jadi Sorotan