Jum'at, 26 Februari 2021
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 21 Februari 2021 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Teknologi jaringan 5G masih belum merata di seluruh dunia, namun Apple tengah meneliti teknologi jaringan generasi berikutnya, nirkabel: 6G.

Dilaporkan Bloomberg, hal ini diketahui usai daftar pekerjaan untuk insinyur di Apple.

Menurut deskripsi dari daftar pekerjaan tersebut membutuhkan Wireless Research System Engineers dan RAN1 / RAN4 Standards Engineers.

Dilansir dari Bloomberg via Ubergizmo, pekerjaan tersebut merupakan bagian dari tim yang menentukan dan melakukan penelitian tentang standar generasi mendatang seperti 6G.

Penelitian 6G tersebut meliputi meneliti dan merancang sistem komunikasi nirkabel generasi mendatang (6G) untuk jaringan akses radio dengan penekanan pada lapisan PHY / MAC / L2 / L3.

Ilustrasi jaringan 6G. (YouTube/ Phonly)

 

Meski 5G belum merata dan bisa dibilang masih tahap awal, namun Applee sudah melihat masa depan untuk meneliti 6G.

Tetapi tak mengherankan jika Apple tengah memeriksa teknologi jaringan generasi selanjutnya ini sekarang, pasalnya Apple saat ini mengandalkan Qualcomm untuk modem 5G-nya.

Setelah mengeakuisisi bisnis modern Intel, kemungkinan Apple pada akhirnya akan membuat modem 5G sendiri dan bergerak maju hingga 6G.

Apple sendiri juga merupakan bagian dari grup industri ''Next G Alliance'' yang menyertakan perusahaan lain seperti Google dan LG untuk membentuk menentukkan spesifikasi 6G, sehingga tidak mengherankan jika Apple sudah menelitinya dari sekarang.

BACA SELANJUTNYA

Jelang MWC Shanghai 2021, Huawei Optimistis Era Keemasan 5G