Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 08 Maret 2021 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Film masa kini biasanya diiklankan menggunakan media sosial, internet, TV, hingga melalui YouTube. Penampakan salah satu film jadul yang diiklankan menggunakan mobil keliling ini sukses bikin netizen nostalgia.

Netizen generasi old masih mengingat saat-saat di mana mereka mendengarkan iklan film melalui pengeras suara yang dibawa oleh mobil keliling.

Bukan berjualan makanan atau es krim, namun mobil keliling tersebut membawa poster dan mengiklankan film menggunakan pengeras suara.

Akun fanspage Instagram @perfectlifeid membagikan postingan sebuah foto jadul 1970-an. "Postret nostalgia, mobil keliling sambil menyebarkan poster film di Bali tahun 1972," tulis deskripsi yang dituliskan @perfectlifeid.

Pada postingan, terlihat dua pemotor dengan kendaraan lawas berada di belakang sebuah mobil.

Poster film jadul yang diiklankan lewat mobil tahun 1970-an bikin nostalgia. (Instagram/ perfectlifeid)

Ternyata mobil yang berada di depan membawa poster berukuran sangat besar. Poster film tersebut menampakkan dua orang sejoli yang tengah memadu kasih.

Postingan juga menampakkan ilustrasi ketika poster film diiklankan menggunakan TOA atau pengeras suara dengan kata-kata "Saksikanlah... Saksikanlah...". Tak hanya 1970-an, namun kita pernah melihat sebuah foto yang tersimpan di UWM Libraries yang menampilkan poster film sekitar tahun 1956.

Foto jadul itu menampakkan deretan remaja dan pria mengamati poster film James Stewart berjudul "Carbine Williams" yang diiklankan pada kendaraan tradisional. Sepertinya orang zaman dulu menganggap periklanan yang menggunakan kendaraan bergerak cukup efektif pada masa tersebut.

Poster film jadul yang diiklankan lewat mobil tahun 1970-an bikin nostalgia. (Instagram/ perfectlifeid)

Bahkan netizen generasi old ikut mengenang masa-masa di mana mereka menonton film sembari membawa bekal, namun masih bisa kehujanan. Mereka juga mengingat kenangan ketika film jadul masih diiklankan menggunakan selebaran poster yang disebar.

Film 1970-an yang diiklankan menggunakan mobil dan pengeras suara ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Sampai awal tahun 2000an bioskop Rajawali Purwokerto masih ngiklan pake mobil keliling, toa dan poster filmnya," kata @harjuno_sisty.

"Sampai tahun 90-an di Jakarta iklan bioskop model begini masih ngerasain..wkwk," balas @ginggi76.

Foto jadul mengenai poster film 1956. (UWM Libraries)

"Misbar (gerimis bubar). Nonton film bisa bawa tikar dan perlengkapan piknik. Yang cuma dibawa badannya saja. Di dalam kayak suasana mantenan: ada yang jualan bakso, soto, es, gulali lengkap dengan gerobaknya," kenang @agusamin.

"Dulu masuk kampung-kampung pakai mobil sama pengeras suara nyebar selebaran waktu kecil pernah ikutan berebut," komentar @iffah.ab.

Itulah tadi foto mengenai cara iklan film jadul yang bikin netizen nostalgia, unik banget ya?

BACA SELANJUTNYA

Video Jadul Inara Rusli Asyik Jedag-jedug, Netizen: Memang Cantik Dari Dulu