Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 11 April 2021 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kita harus berbangga mengingat Indonesia terkenal dengan tanahnya yang subur dan kaya sumber daya alam. Sebuah foto jadul yang memperlihatkan rakyat sedang memanen padi ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Instagram @potolawas membagikan foto mengenai jadul tahun 1970-an mengenai momen warga ketika mengumpulkan hasil panen padi secara bersama-sama.

"Potret anak-anak hingga orang tua membawa padi hasil panen, Indonesia, sekitar 1970-an," tulis @potolawas pada caption-nya.

Sebenarnya akun tersebut membagikan unggahan foto milik LIFE Magazine. Postingan yang dibagikan menarik perhatian setelah memperoleh 6.300 Like dan puluhan komentar dari netizen.

Tak sedikit netizen salfok dengan beberapa bocah yang terekam dalam foto jadul tersebut.

Foto jadul rakyat yang membawa hasil panen ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

Beberapa bocah nampak ikut memikul serta membawa padi bersama orangtuanya. Terdapat pula momen keceriaan bocah yang dapat berkumpul dengan orang banyak saat panen padi. Dikutip dari Wikipedia, Indonesia tercatat pernah memproduksi beras sebanyak 25,8 juta ton pada 1984.

Kesuksesan tersebut mendapatkan penghargaan dari FAO (Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia) pada tahun 1985.

Sejak periode 1970-an, Soeharto yang menjadi Presiden RI saat itu sudah menerapkan strategi jangka panjang, termasuk target swasembada beras.

Foto jadul rakyat yang membawa hasil panen ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

Momen foto jadul mengenai deretan rakyat menggunakan caping dan saling berkumpul saat panen padi ini berhasil membuat netizen terkesima. Mereka bahkan membayangkan harumnya padi kering dan udara pegunungan sejuk pada saat itu.

Tak sedikit pula yang memuji dengan ungkapan Gemah Ripah Loh Jinawi. Istilah itu memiliki arti tentram dan makmur dengan kondisi tanah subuh yang membawa kesejahteraan.

Foto jadul tersebut juga menampakkan pakaian orang-orang yang masih sangat sederhana. Beberapa orang nampak bahu membahu dalam membawa deretan padi yang tengah dipanen dan dikumpulkan itu.

Foto lawas mengenai warga yang sedang memanen padi ini memancing beragam komentar dari netizen.

Foto jadul rakyat yang membawa hasil panen ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

"Nih buktinya benar kata bapak, dulu bapak seumuran kamu udah bisa bantuin orangtua," tulis @arn101312.

"Indonesia, dahulu Gemah Ripah Loh Jinawi," balas @rooswithalubis.

"Ada yang kebayang nggak harumnya bau padi kering dan udara pegunungan yang sejuk?" komentar @joan_wibisono21.

"Kayaknya zaman dulu warga-warga sering ngumpul ya. Belum ada HP jadi kalau ada kegiatan ramai-ramai orang pada datang," kata @kkyarv_.

Itulah tadi foto jadul warga angkut hasil panen padi tahun 1970-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian? Postingan bisa dikunjungi melalui link ini. 

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan