Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 18 Agustus 2021 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Para ilmuwan telah menemukan makam berisi mumi yang diduga pernah menjadi budak di Pompeii. Banyak yang masih jadi misteri dari penemuan ini.

Menurut prasasti yang ditemukan, mumi tersebut adalah seorang lelaki bernama Marcus Venerius Secundio.

Disebutkan kalau dia berusia 60-an ketika dia meninggal dan pernah diperbudak di Pompeii pada masa itu.

Setelah dibebaskan, Secundio menjadi pendeta kaya yang melakukan ritual dalam bahasa Latin dan Yunani.

Catatan yang ditemukan tak jauh dari lokasi makam menyebut bahwa Secundio adalah seorang budak di kuil Venus sebelum pembebasannya.

Setelah itu, ia bergabung dengan imamat kultus kekaisaran yang didedikasikan untuk memuliakan ingatan kaisar Romawi Augustus, yang memerintah dari 27 SM hingga 14 M.

Temuan mumi bekas budak di di Pompeii ini adalah bukti langsung pertama dari ritual Yunani yang diadakan di Italia.

Kota Pompeii (Pixabay/DUOTONE_)

"Ritual dalam bahasa Yunani yang diselenggarakan adalah bukti dari budaya yang hidup dan terbuka, yang menjadi ciri Pompeii kuno," kata Gabriel Zuchtriegel, direktur Taman Arkeologi Pompeii, dikutip dari Live Science, Rabu (18/8/2021).

Mumi Secundio dikubur dalam makam batu persegi panjang yang pernah dicat dengan gambar tanaman hijau serta latar belakang biru.

Para ahli mengetahuinya karena jejak cat ini masih menghiasi dinding luar makam. Rambut yang dipotong pendek dan telinga masih terlihat di tengkorak.

Para arkeolog juga menemukan potongan-potongan kain dan dua botol kaca yang disebut "unguentaria" dari makam Secundio.

Unguentaria sering ditemukan di kuburan Romawi dan Yunani, yang kemungkinan digunakan sebagai penyimpan minyak atau parfum untuk ritual di makam.

Makam itu juga berisi dua guci penguburan, termasuk guci kaca biru milik seorang perempuan yang namanya tercatat sebagai Novia Amabilis (istri yang baik hati).

Kremasi adalah metode penguburan paling umum untuk masyarakat Pompeii, tapi para ahli masih tidak tahu mengapa jasad Secundio tidak dikremasi dan apakah tubuhnya dimumikan secara alami.

Masih banyak misteri yang belum diungkap dari mumi Secundio, bekas budak di Pompeii ini. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Kurang Ajar! Istri Gibran Dihina 'Budak Seks' di Twitter, Wali Kota Solo Diminta Tindak Tegas