Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 09 September 2021 | 11:23 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mulai hari ini, Twitter memulai melakukan uji coba pada fitur baru mereka. Yakni Komunitas, sebuah cara untuk menemukan dan terhubung dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama.

Melalui rilis resminya, Twitter memberikan contoh Komunitas seperti apa yang berkembang pesat di platform media sosial ini.

Yakni seperti seperti Book Twitter, Crypto Twitter, Skincare Twitter, Archaeology Twitter, Swiftie Twitter, dan banyak lagi.

Melalui fitur baru ini, sekarang Twitter ingin menjadi wadah bagi lebih banyak komunitas. 

Cara Kerja Komunitas:

  • Mulai hari ini, pengguna akan mulai dapat menemukan beberapa komunitas di Twitter seperti soal Anjing, Astrologi, dan Perawatan kulit. Fitur Komunitas hadir di iOS dan Twitter.com sebagai tempat menge-Tweet tentang ketertarikan pengguna secara terpisah dari linimasa mereka.
  • Anggota baru hanya bisa bergabung jika diundang oleh moderator atau anggota lain dalam Komunitas. 
  • Ketika pengguna menge-Tweet ke Komunitas, hanya orang-orang dalam Komunitas yang dapat membalas -- namun Tweet tersebut bersifat publik. Hanya mereka yang ada di di Komunitas yang dapat terlibat dalam percakapan -- Tweet, Balas, Like, atau Retweet. 
  • Meskipun pengguna hanya dapat menge-Tweet tentang percakapan tertentu ke Komunitas; orang lain tetap dapat membaca, meng-Quote Tweet, dan melaporkan Tweet dari Komunitas tersebut. 

Fitur baru Twitter Komunitas. (Twitter)

Setiap Komunitas akan memiliki Moderator yang berperan untuk membuat peraturan di Komunitas tersebut dan mengatur fokus percakapan -- ada kemungkinan Komunitas sneakers akan melarang Tweet tentang sandal, atau bisa juga sebuah Komunitas tentang anjing tidak memperbolehkan anggotanya membagikan gambar kucing. 

Meskipun di awal peluncuran ini jumlah Komunitas masih terbatas, ke depannya akan hadir banyak Komunitas lain dan Twitter akan terus menguji dan mengevaluasi berdasarkan Komunitas yang sudah terbentuk. Anda dapat membaca informasi lebih lengkap tentang Komunitas melalui blog Twitter Indonesia serta akun @TwitterSupport dan @JoinCommunities. 

BACA SELANJUTNYA

Fitur Saluran WhatsApp Resmi Dikenalkan, untuk Apa?