Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 23 Oktober 2021 | 11:38 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Google Doodle hari ini memperingati ulang tahun ke-93 dari penyanyi legendaris, Ellya Khadam. Sosok yang terkenal dengan lagu berjudul Boneka dari India.

Di hari ulang tahun Ellya Khadam ini, Google mengubah halaman depan situsnya dengan gambar penyanyi legendaris tersebut.

Pada bagian huruf "O" kedua, menampilkan wajah penyanyi legendaris Indonesia Ellya Khadam, mengenakan busana bak penyanyi India.

Biduan legendaris ini memegang mike dan berpose layaknya penyanyi dari India. 

Google Doodle hari ini, diilustrasikan dari Semarang, artis tamu Fatchurofi Muhammad.

Ellya Khadam dikenal tidak hanya sebagai penyanyi, penulis lagu, juga aktris legendaris Indonesia.

Pelopor dangdut, genre musik rakyat populer di Indonesia yang memadukan tradisi musik lokal bersama dengan beragam gaya seperti musik rock-and-roll Barat dan film India.

Ellya Khadam lahir dengan nama asli Siti Alya Husnah tepat hari ini pada 1928 di Jakarta.

Google Doodle ulang tahun ke-93 Ellya Khadam. [Screenshot]

Selama masa remajanya, Ellya Khadam bertetangga dengan penyanyi gaya musik pop Malaysia yang dikenal sebagai deli.

Dia menjadi terkenal sebagai penyanyi di Orkestra Melayu Kelana Ria selama tahun 1950-an, sebuah kolektif musik yang mendapat banyak inspirasi dari budaya dan musik India.

Karier Ellya Khadam mencapai puncaknya dengan merilis lagu hitnya 1956 "Boneka India" atau Boneka dari India yang sekarang dianggap sebagai ikon genre dangdut.

Dia mengungkapkan cintanya pada adat India tidak hanya dengan menggunakan ritme tabla India dalam lagu-lagunya, tetapi juga dengan mengenakan sari tradisional India dan mengenakan sindoor di dahinya.

Selain hasil musiknya, yang mempopulerkan dangdut dan menginspirasi generasi muda untuk membawa genre ini ke tingkat yang lebih tinggi, Ellya Khadam juga membintangi lusinan film hingga akhir 1970-an.

Hari ini, dangdut menampilkan budaya bangsa dalam skala global sebagai salah satu gaya musik paling populer di Indonesia dan membuat debut bersejarah di atas panggung di Times Square New York awal tahun ini!

Itulah keramaian Google Doodle hari ini merayakan ulang tahun ke-93 Ellya Khadam. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

Ngotot Minta WFH, Karyawan Google Ancam Walkout!