Sabtu, 20 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 09 Desember 2021 | 16:06 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Belanda diketahui pernah menjajah Indonesia dalam kurun waktu yang sangat lama. Sebuah foto jadul mengenai tentara Belanda yang dikerumuni bocah di tahun 1940-an ini menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Wouter Nasiboe membagikan foto jadul melalui forum Indonesia Tempoe Doeloe.

Ia sebenarnya membagikan ulang unggahan dari Instagram @potolawas yang bersumber dari arsip online Nationaal Archief Belanda.

Laman Nationaal Archief memang menyimpan banyak sekali foto jadul saat Belanda menguasai Indonesia. Terdapat pula koleksi foto setelah Indonesia mencapai kemerdekaan. Namun mereka harus bertahan saat Belanda melakukan Agresi Militer di tahun 1947.

Foto yang dibagikan menampakkan momen tentara Belanda yang membagikan bantuan makanan terhadap bocah-bocah Indonesia di daerah Salatiga pada Agustus 1947.

Foto jadul tentara Belanda yang dikerumuni bocah ini menarik perhatian netizen. (Nationaal Archief via Instagram @potolawas)

Sosok bocah yang menatap kamera di bagian depan menjadi sorotan netizen. Tak sedikit netizen yang merasa kasihan setelah menyoroti bagian kaki para bocah tersebut.

Kita bisa melihat kumpulan anak yang mengerumuni serta menengadahkan tangan kepada tentara Belanda. Beberapa warga di sana nampak memakai baju yang sangat sederhana. Netizen dibuat bersedih karena sebagian besar bocah di dalam foto terlihat tak memakai alas kaki.

Sebagian netizen mengenang masa-masa Indonesia yang masih berjuang saat mempertahankan kemerdekaan. Foto jadul tentara Belanda bersama bocah ini memancing beragam komentar dari netizen.

Foto jadul tentara Belanda yang dikerumuni bocah ini menarik perhatian netizen. (Nationaal Archief via Instagram @potolawas)

"Jangan pangil aku anak kecil paman, sekarang sudah lebih 80 tahun itu, bahkan sudah pada almarhum," kata S**uji Po**rogo.

"Tak seorangpun di antara leluhur kita itu yang pakai alas kaki (emoticon sedih)," balas Lo**ba**a.

"Hasil Bumi dibawa ke Eropa, imbalannya sepotong roti (emoticon menangis)," komentar In**a Gu**ian.

"Foto-foto adegan zaman revolusi seperti ini beberapa kali saya lihat. Ada dua kemungkinan: tentara Belandanya di foto itu memang simpatik. Atau mungkin ini bagian dari foto propaganda perang," pendapat D**an*o. Itulah tadi foto jadul tentara Belanda yang dikerumuni bocah pada tahun 1940-an, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Netizen Tuding Dirinya Terkena Star Syndrome, Begini Respons Inara Rusli