Minggu, 28 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 16 Desember 2021 | 14:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Arsip dan foto jadul terkadang dapat membangkitkan memori generasi lawas mengenai produk yang sedang tren saat itu. Sebuah iklan lawas pada tahun 1980 ini sukses bikin netizen bernostalgia.

Akun Facebook resmi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia membagikan postingan terkait iklan jadul motor Honda GL125.

Melalui iklan yang pernah dimuat pada surat kabar di tahun 1980, perusahaan saat itu mengklaim bahwa motor anyarnya memberi kepuasan maksimal.

"Honda GL 125. Ini dia sepeda motor yang secara keseluruhan memberi kepuasaan bermotor secara maksimal kepada Anda. Honda GL125: Satu tingkat di atas segalanya. Bahan bakarnya bensin murni luar biasa. Bagaimanapun juga Honda lebih unggul," bunyi keterangan di dalam iklan jadul.

Tagline-nya cukup berbeda dibanding sekarang yang mengusung slogan One Heart atau Satu Hati. Melalui iklan jadul, perusahaan juga mengklaim bahwa motor baru mereka memiliki desain yang "berwibawa", "kemampuan istimewa", dan "pelayanan purnaniaga meyakinkan".

Iklan jadul di tahun 1980 ini bikin netizen bernostalgia. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Iklan lawas yang dibagikan ini merupakan salah satu arsip dari Koleksi Layanan Surat Kabar Langka Terjilid Perpusnas RI Salemba (SKALA Team).

"Sebuah iklan motor Honda GL125 tahun 1980 yang termuat dalam surat kabar. Motor ini dikenal tangguh untuk dikendarai. Sayangnya penjualan GL 125 ini hanya sampai tahun 1985, setelah itu tidak diproduksi kembali. Tagline yang digunakan dalam pemasan produk honda GL ini adalah: Bagaimana juga HONDA lebih unggul" tulis akun Perpustakaan Nasional dalam caption-nya.

Postingan iklan jadul tersebut berhasil viral setelah memperoleh lebih dari 1.300 tanda suka dan dibagikan lebih dari 100 kali.

Ratusan netizen ikut berkomentar di mana mereka mengenang bahwa Honda GL100 dan GL125 pernah menjadi favorit pada masanya. Melalui postingan yang pernah viral sebelumnya, kita pernah melihat Honda C70 tahun 1976 yang dibanderol pada kisaran Rp 240 ribu.

Iklan jadul di tahun 1980 ini bikin netizen bernostalgia. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Saat itu terdapat motor Vespa Sprint (1968) yang dibanderol Rp 260 ribu, Honda 90 cc (1968) Rp 115 ribu, Yamaha 180 cc (1968) Rp 175 ribu, hingga Honda C70 (1976) Rp 237.500.

Harga Honda GL125 diprediksi tak jauh dari kisaran banderol deretan motor tersebut. Iklan motor jadul 1980-an ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Ini motor impian saya saat remaja pada tahun 80-an. Dan sampai sekarang nggak kesampaian," kata He**a* Su**nto.

"Cerita bokap waktu dulu orang punya motor harus jual sawah dulu," balas Na**i Y*n*o

"Motor bagus dan tangguh pada masanya. Tidak banyak orang yang mampu beli," kenang A** K**a.

"Pernah punya dan sangat diakui mesin bandel dan jago, tapi sayang rem depan cakram tapi gak hydrolik alias pake kawat nggak pake minyak rem seperti tromol, kalah sama seri RX dari Yamaha jadinya," pendapat O**'G**t. Itulah tadi postingan iklan motor jadul tahun 1980 yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Mahasiswi KKN yang Diusir Warga Akhirnya Minta Maaf, Malah Kena Nyinyir Netizen