Kamis, 25 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 23 Desember 2021 | 13:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul dapat membuat kita bernostalgia mengenai memori-memori lama yang pernah menghiasi pikiran. Sebuah foto lawas yang memperlihatkan hansip di era 1980-an ini sukses bikin netizen salfok.

Akun fanspage @perfectlifeid membagikan deretan foto yang menampakkan pemandangan Cirebon pada tahun 1980. Foto pertama memperlihatkan empat orang hansip yang berdiri di dekat sebuah bangunan.

"Potret nostalgia, Suasana Desa Sindanglaut, kecamatan Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat tahun 1980," tulis akun @perfectlifeid pada caption-nya.

Kita dapat melihat seseorang dengan gaya cukup keren yang berdiri di belakang para hansip. Seragam di foto jadul itu tak banyak berbeda dibanding pakaian hansip pada zaman modern.

Foto kedua menampakkan sebuah rumah yang sangat asri dengan berbagai bunga di depannya. Model rumah itu cukup jadul dengan beberapa lubang ventilasi di bagian tembok. Foto lain memperlihatkan beberapa jalur kereta di Jawa Barat pada tahun 1980-an.

Foto jadul hansip dan suasana di Cirebon tahun 1980-an menarik perhatian netizen. (Instagram/ perfectlife.id)

Dari deretan foto tersebut, unggahan gambar pertama paling berhasil menarik perhatian netizen. Hansip (Pertahanan Sipil) merupakan salah satu satuan pertahanan serta keamanan yang dibentuk berdasarkan Keppres No. 55 tahun 1972.

Deretan penampakan hansip itu justru mengingatkan netizen dengan film Warkop DKI. Tak sedikit yang bernostalgia dengan Diding Boneng, seseorang yang pernah "melatih" Dono, Kasino, dan Indro pada salah satu film Warkop DKI.

Film berjudul "Bisa Naik, Bisa Turun (1992)" menceritakan trio warkop yang belajar menjadi satpam dan dilatih oleh Diding Boneng.

Foto jadul hansip dan suasana di Cirebon tahun 1980-an menarik perhatian netizen. (Instagram/ perfectlife.id)

Jalan ceritanya cukup kocak karena "satpam" tersebut rupanya seorang pasien rumah sakit jiwa. Postingan video viral foto jadul mengenai hansip di tahun 1980-an ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Kalau lihat hansip jadi ingat film Warkop yang pas dilatih jadi satpam," kata @m**lan*do**

"Satpam LAKER (langsung kerja). Pelatihnya Diding Boneng di film Warkop..wkwk," balas @za**rahm**i_14.

Foto jadul hansip dan suasana di Cirebon tahun 1980-an menarik perhatian netizen. (Instagram/ perfectlife.id)

"Baju hansip ternyata modelnya sama saja seperti sekarang ya," tulis @a**y_s**tos***.

"Vibes-vibe pedesaan sebelum teknologi semaju sekarang emang enak banget sih," komentar @f**c**o. Itulah tadi postingan foto jadul hansip di tahun 1980-an, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Mahasiswi KKN yang Diusir Warga Akhirnya Minta Maaf, Malah Kena Nyinyir Netizen