Sabtu, 27 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 05 Januari 2022 | 08:25 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Iklan dan foto jadul bisa membuat generasi lawas bernostalgia mengenai produk yang pernah familiar pada zamannya. Sebuah iklan jadul produk deodoran di tahun 1980-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun Facebook resmi Perpustakaan Nasional RI membagikan iklan jadul produk deodoran yang pernah dimuat pada salah satu surat kabar di tahun 1981.

"Salah satu sejarah perkembangan periklanan, yaitu iklan produk deodoran dengan merek dagang Rexona. Produk Rexona deodorant stick ini menjadi salah satu varian yang dikeluarkan oleh Rexona," tulis akun Perpustakaan Nasional dalam keterangannya.

Iklan jadul ini memperlihatkan dua orang anak muda yang tengah tersenyum. Salah seorang gadis nampak percaya diri ketika mengangkat ketiak di dekat cowok.

"Kini Rexona menawarkan rasa percaya diri melalui potongan harga sebesar Rp 75 bagi setiap pembelian Rexona Stick Deodorant ukuran besar maupun kecil," bunyi keterangan di dalam iklan. Mereka masih menggunakan tagline "setia setiap saat".

Iklan jadul produk deodoran di tahun 1980-an ini berhasil menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Rexona sendiri merupakan merek deodoran dan antiperspirant dari Australia, di mana produsennya dimiliki oleh Unilever. Itu adalah sebuah merek deodoran yang cukup tua.

Tak hanya familiar di era lawas, merek Rexona juga masih tetap dikenal hingga saat ini. Dikutip dari situs resminya, sejarah Rexona berawal dari gagasan Alice Sheffer, istri SF Sheffer, pendiri Sheldon Drug Company, di Australia pada 1908.

Sebagai seorang fisikawan yang bertalenta, Alice bercita-cita membuat suatu jenis baru produk perawatan tubuh dengan bahan-bahan yang efektif dan berbau segar untuk masyarakat umum.

Iklan Rexona pertama kali diluncurkan pada 1920-an di mana papan reklame menjamur di seluruh penjuru Australia. Mereka kemudian bergabung dengan Unilever di tahun 1930-an.

Iklan jadul Rexona di tahun 1980-an ini membuat netizen menyoroti potongan harga yang cukup murah yaitu Rp 75. Tak hanya itu, netizen turut mengingat sosok George Rudy, model serta aktor laga yang pernah populer di era lawas. Iklan jadul di tahun 1980-an tersebut memancing beragam komentar dari netizen.

Iklan jadul produk deodoran di tahun 1980-an ini berhasil menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

"Murah, potongan harganya menarik," kata H*sa**i.

"Ternyata dari zaman dulu, ketiak itu memang bau," balas Ag**g Nug**ho.

"Waktu bocah, gue paling susah nyebut nama orang ini..wkwk. Gaga Rudy, Geger Rudy, Geog Rudy," kenang No**l So**nk.

"George Rudy (Baca: Gege Rudi)," komentar M**za R**nor.

"Masih ingat produk ini. Tekan ke atas terus nongol," tulis R**no Gi**to. Itulah tadi postingan iklan jadul tahun 1980-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Nia Ramadhani Ngaku Punya Penampilan Awet Muda, Netizen Beri Komentar Nyinyir Begini