Sabtu, 27 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 18 Januari 2022 | 10:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setiap masa biasanya memiliki gaya dan model yang pernah tren pada zamannya. Sebuah foto jadul mengenai sosok gadis Indo-Eropa di tahun 1900-an ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Yudi membagikan postingan menarik melalui forum FOTO NOESANTARA DOELOE. "Potret studio gadis Indo-Eropa di Batavia tahun 1907," bunyi keterangan di dalam foto.

Netizen auto terpesona setelah melihat gadis dengan paras menawan itu. Akun Facebook bernama Yudi tersebut sebenarnya membagikan foto yang tersimpan di situs perpustakaan online Leiden University Libraries.

Kita bisa melihat sosok gadis cantik berambut panjang saat berpose di depan kamera. Sang gadis nampak mengenakan gaun dan memegang sesuatu pada bagian tangan.

Pada foto jadul yang beredar sebelumnya, kita melihat bahwa arsip Leiden University Library memperlihatkan wanita-wanita serta para gadis di kalangan bangsawan.

Foto gadis Indo-Eropa di tahun 1900-an. (Leiden University Library via Grup FOTO NOESANTARA DOELOE)

Belum diketahui terkait rincian identitas gadis di dalam foto, namun sosok tersebut kemungkinan termasuk dalam keluarga elit.

Melalui situs perpustakaan online Leiden University, sebagian besar foto di tahun 1900-1930 memperlihatkan orang-orang keturunan Indo-Eropa, petinggi KNIL, dan bangsawan Belanda.

Saat difoto, wanita Indo-Eropa di tahun 1900-an nampak mengenakan gaun mewah dan beberapa perhiasan di bagian kepala. Sementara gadis Indo-Eropa yang lebih muda cenderung memakai gaun berwarna putih dengan desain cukup mirip satu sama lain.

Postingan foto jadul gadis Indo-Eropa di tahun 1900-an ini menarik perhatian setelah memperoleh 1.200 tanda suka dan dibagikan puluhan kali oleh netizen. Foto jadul tersebut memancing beragam komentar positif dari netizen.

Foto jadul wanita Indo-Eropa di tahun 1915. (Leiden University)

"Cantik alami tanpa polesan, masya Allah," puji N**i M**jo.

"Wajah ada kesan pribuminya ya, kelihatan etnik. Coba kalau nggak ada darah pribumi, wajahnya kayak bule cantik biasa, nggak manis," pendapat Ek* Wid**nti.

"Jadi pengen lihat cucunya pas zaman now..hehe," komentar D*n L**.

"Sekilas wajahnya mirip Lydia Kandou pas masih muda," tulis Re**a R**his. Itulah tadi foto jadul gadis Indo-Eropa di tahun 1900-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Mahasiswi KKN yang Diusir Warga Akhirnya Minta Maaf, Malah Kena Nyinyir Netizen