Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 18 Januari 2022 | 12:06 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara metaverse Decentraland vs The Sandbox yang perlu kamu ketahui.

Semua hal yang berkaitan dengan metaverse menjadi viral setelah Mark Zuckerberg memperkenalkan konsep tersebut beberapa waktu lalu.

Metaverse sendiri adalah sebuah dunia virtual yang memungkinkan kamu berinteraksi dan melakukan segala hal di dunia tersebut tanpa perlu keluar rumah.

Kamu hanya perlu menggunakan beberapa perangkat seperti headset VR, komputer dan mikrofon untuk bisa berinteraksi dengan orang-orang di metaverse.

Jangan salah, kamu bahkan bisa mencari uang di dunia virtual yang satu ini.

Lalu di mana itu metaverse? kamu bisa bergabung ke dunia metaverse dengan banyak situs, namun yang paling terkenal adalah Decentraland dan The Sandbox.

Baik Decentraland atau The Sandbox, sepenuhnya sudah terdesentralisasi. Ini berarti bahwa tidak ada entitas terpusat yang mengendalikan yang mengatur kedua platform tersebut.

Dengan kata lain, kedua dunia virtual dibangun di atas blockchain Ethereum. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat daftar perbedaannya di bawah ini.

Perbedaan Decentraland vs The Sandbox

1. Usia

Metaverse Sandbox. (sandbox)

Perbedaan utama antara 2 platform metaverse tersebut adalah usia. Decentraland memiliki usia yang lebih tua ketimbang The Sandbox karena platform ini merupakan pelopor Metaverse Blockchain 3D.

2. Jumlah tanah yang dijual

Ilustrasi sebidang tanah di Metaverse. (Sandbox)

Seperti diketahui, Decentraland memiliki 90.601 bidang tanah. Kavling-kavling ini dikelompokkan menjadi persil individu, perkebunan, distrik, dan beberapa kotak kecil di lingkungan masyarakat.

Sementara Sandbox memiliki 166.464 bidang tanah dan dapat dikelompokkan menjadi perkebunan (dimiliki oleh satu orang) atau distrik (dimiliki oleh 2 orang atau lebih).

Dari jumlah tanah yang dimiliki, Sandbox memberimu lebih banyak pilihan untuk bisa dibeli.

3. Mata uang

Cara Menghasilkan Uang dari Sandbox. (Sandbox)

Untuk bisa melakukan transaksi di kedua metaverse tersebut, kamu membutuhkan mata uang.

Decentraland memiliki tiga jenis token: MANA, WEAR dan LAND.

Sandbox memiliki empat jenis Token: SAND, ASET, GAMES, dan LAND.

4. Kualitas grafik

Metaverse Decentraland. (Decentraland)

Usia yang masih muda tak membuat Sandbox kalah, justru Sandbox saat ini memiliki grafik yang lebih baik daripada Decentraland. 

Namun ada satu hal yang perlu digaris bawahi ketika pengguna ingin menggunakan platform Sandbox.

Mereka harus mengunduh aplikasi windows untuk mengakses The Sandbox. Sementara Decentraland bisa diakses dengan perangkat apapun.

Itulah perbedaan Decentraland vs The Sandbox yang perlu kamu ketahui.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Proyek Metaverse Telan Banyak Biaya, Induk Facebook Kehilangan Puluhan Triliun Rupiah