Kamis, 25 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 30 Januari 2022 | 14:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Masyarakat Indonesia tempo dulu diketahui masih harus berjuang ekstra keras pada masa awal kemerdekaan. Foto jadul gadis cilik dengan pakaian lusuh dan compang-camping ini bikin netizen salfok sekaligus sedih.

Akun fanspage Instagram @potolawasofficial membagikan foto hitam putih mengenai beberapa bocah dengan busana seadanya.

Foto tersebut merupakan bagian dari koleksi Negatieven Mariniersbrigad. Perlu diketahui, arsip koleksi Nederlands Instituut voor Militaire Historie (NIMH) tersimpan di situs online "nimh-beeldbank.defensie.nl".

Melalui keterangan di dalam postingan, kita bisa melihat bahwa anak tersebut sedang membawa kaleng ransum dari tentara. Foto direkam di daerah Malang, Jawa Timur sekitar Agustus 1947.

"Potret seorang gadis kecil berpakaian compang-camping, dengan sekaleng ransum di tangannya di Jalan Batoe. Teks di Marvo Fiche berbunyi: Saya mendapat jatah dari marinir, tapi saya masih menunggu baju baru," tulis @potolawasofficial pada caption-nya.

Foto bocah berpakaian lusuh di tahun 1947. (Instagram/ potolawasofficial sumber: koleksi Negatieven Mariniersbrigade)

Kita bisa menyaksikan bocah perempuan ini memegang kaleng ransum dan menatap ke arah kamera. Ia nampak mengenakan pakaian lusuh dan sarung kecil di bagian bawah.

Sebagai informasi, ransum merupakan makanan kaleng atau pra-saji yang biasanya dibawa oleh tentara di medan perang.

Dikutip dari Wikipedia, makanan tersebut biasanya berbentuk beku kering, konsentrat bentuk panjang dan memiliki umur simpan jangka panjang.

Foto lawas memperlihatkan bocah laki-laki lain yang memakai busana sederhana. Beberapa anak lain mengenakan celana lusuh dan bahkan ada yang tak memakai celana.

Foto bocah berpakaian lusuh di tahun 1947. (Instagram/ potolawasofficial sumber: koleksi Negatieven Mariniersbrigade)

Dari deretan foto jadul yang pernah beredar, kita bisa melihat kemiripan antara foto satu dengan yang lain. Sebagian anak yang terekam dalam foto jadul terlihat tak mengenakan alas kaki.

Telapak kaki mereka cenderung lebih besar dan kuat karena terbiasa berjalan tanpa memakai sandal. Beberapa foto jadul lain sebelum masa kemerdekaan bahkan memperlihatkan anak-anak hingga remaja yang memakai celana dari kain goni. Foto lawas mengenai bocah berpakaian lusuh di tahun 1947 ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Sedih lihat kehidupan zaman penjajahan dan awal kemerdekaan (emoticon menangis)," kata @ed**anto**oo.

Foto bocah berpakaian lusuh di tahun 1947. (Instagram/ potolawasofficial sumber: koleksi Negatieven Mariniersbrigade)

"Pengen nangis kalau sampai mereka makan ransum dari tentara, berarti mereka benar-benar kelaparan," pendapat @a*c**2.

"Adiknya cantik, tapi sekarang mungkin sudah jadi nenek..hehe," komentar @nis**rahm**ika.

"Cantik banget sih neng," puji @g**.g**awan.

"Kasihan lihat bocah sebelah kiri nggak pakai celana (emoticon sedih)," tulis @nu**nw*r_. Postingan foto jadul bocah tahun 1947 yang menarik perhatian netizen bisa dilihat melalui link ini. 

BACA SELANJUTNYA

Viral Pasutri Curi 5 Ponsel Milik Pengunjung PRJ, Endingnya Ketahuan dan Ditangkap Polisi