Kamis, 28 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 01 Februari 2022 | 21:16 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul bisa memperlihatkan berbagai macam gaya dan paras masyarakat generasi tempo dulu. Sebuah foto lawas yang memperlihatkan wanita Indo-Eropa dan keturunannya ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Wouter Nasiboe membagikan sebuah foto melalui forum INDONESIA TEMPO DOELOE. Postingan menarik perhatian setelah memperoleh lebih dari 2.400 tanda suka dan dibagikan puluhan kali oleh netizen.

"Wanita Indo-Eropa mengenakan kebaya & kain batik dengan kedua anaknya di studio foto Buitenzorg tahun 1907," tulis Wouter Nasiboe.

Dikutip dari Wikipedia, Buitenzorg merupakan nama sebutan daerah Bogor pada masa kolonial Belanda. Buitenzorg merupakan istilah yang berarti tanpa kecemasan atau aman tenteram.

Kita dapat melihat wanita Indo-Eropa berparas menawan sedang menatap ke kamera. Ia mengenakan kebaya dan jarit batik sembari menggendong anaknya yang masih kecil. Sosok gadis cilik dengan pita putih di bagian kepala nampak merangkul wanita tersebut.

Foto jadul wanita Indo Eropa di tahun 1900-an ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Wouter Nasiboe via Indonesia Tempoe Doeloe)

Pada foto jadul yang beredar sebelumnya, kita bisa melihat bahwa arsip Leiden University Library memperlihatkan wanita-wanita di kalangan bangsawan. Masih belum diketahui terkait identitas wanita di dalam foto, namun kemungkinan wanita ini termasuk dalam lingkungan keluarga elit.

Melalui situs perpustakaan online Leiden University, foto yang diunggah kreator "Charls & van Es & Co" sebagian besar memperlihatkan orang-orang keturunan Indo-Eropa, petinggi KNIL, dan bangsawan Belanda.

Foto jadul mengenai wanita Indo-Eropa tahun 1907 ini memancing beragam komentar pujian dari netizen. Sebagian dari netizen memuji paras cantik dan anggun yang memancar dari wanita tersebut.

Foto jadul wanita Indo Eropa di tahun 1900-an ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Ridho Chaniago)

Tak sedikit pula netizen yang mempertanyakan di mana keberadaan sang ayah mengingat sosoknya tak ada di dalam foto itu. Postingan foto jadul ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Mata mereka bagus," kata A**es.

"Menurutku malah mirip Wulan Guritno," balas M*h**m*d A**n.

Foto jadul wanita Indo-Eropa di tahun 1915. (Leiden University)

"Cantik alami dan menawan," puji Y**en.

"Kira-kira di mana ayahnya ya. Jangan-jangan sudah meninggal karena perang (emoticon sedih)," komentar D**as J**bo.

"Pakaian kebayanya cantik sekali," kata At* G**tini. Itulah tadi foto jadul wanita Indo-Eropa di tahun 1907 yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan