Senin, 06 Februari 2023
Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 05 Februari 2022 | 12:47 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Anak-anak dan remaja di masa modern biasanya bersekolah dengan memakai seragam lengkap beserta aksesorinya. Sebuah foto jadul mengenai anak sekolah di tahun 1940-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Imam membagikan foto melalui forum Indonesia Tempoe Doeloe. Ia sebenarnya membagikan salah satu arsip online yang tersimpan di Nederlands Fotomuseum.

"Tiga anak perempuan sedang berjalan berdampingan pulang sekolah, sekitar tahun 1947," bunyi keterangan pada foto. Kita bisa melihat tiga anak perempuan itu sedang berjalan sembari menatap kamera.

Dua di antaranya sedang tersenyum ceria saat tahu bahwa mereka sedang difoto. Siswa itu nampak memakai busana bebas mengingat baju mereka cukup berbeda satu sama lain.

Netizen auto salfok setelah melihat kaki dari para bocah tersebut. Rupanya mereka bersekolah tanpa menggunakan alas kaki.

Foto jadul siswa pulang sekolah di tahun 1947 menarik perhatian netizen. (Nederlands Fotomuseum, via Facebook Indonesia Tempoe Doeloe)

Beberapa foto di Nederlands Foto Museum Belanda (nederlandsfotomuseum.nl) banyak menyimpan rekaman mengenai pemandangan di Indonesia setelah masa kemerdekaan.

Sebagian di antaranya menampilkan para bocah yang terbiasa berjalan tanpa alas kaki. Beberapa dari mereka tak jarang terekam saat mengenakan pakaian sederhana.

Ada juga foto di tahun 1940-an saat bocah menggunakan busana lusuh dan compang-camping. Foto jadul mengenai bocah yang pulang sekolah di tahun 1940-an ini memancing beragam komentar dari netizen.

Foto jadul siswa pulang sekolah di tahun 1947 menarik perhatian netizen. (Nederlands Fotomuseum, via Facebook Indonesia Tempoe Doeloe)

"Hebat sih, telapak kakinya kuat banget," kata Ati**h Al**kky.

"Belum pada pakai sandal di zaman itu. Kemungkinan yang pakai sepatu cuma orang berada," pendapat Ni**del**op.

Foto jadul bocah di tahun 1940-an ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

"Di zamanku, tahun 70-an dulu masih banyak pada nyeker alias telanjang kaki. Ada juga yang tak pakai tas, jadi buku ditaruh di pinggang atau baju," kenang S**idi.

"Tahun 60an atau 70-an di daerah atau kota kecil masih ada yang tak pakai sandal," Poetra Lingga. Itulah tadi foto jadul bocah pulang sekolah di tahun 1940-an yang bikin netizen salfok, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Wanita Melahirkan di Pos 3 Pendakian Gunung Slamet, Netizen: Alhamdulillah Selamat