Jum'at, 26 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 07 Februari 2022 | 20:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kemerdekaan Indonesia diraih dan dipertahankan dengan susah payah oleh para pejuang Tanah Air puluhan tahun lalu. Sebuah foto yang menampakkan tentara Jepang dan tahanan dari Indonesia ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Instagram @potolawas membagikan foto mengenai tentara Jepang yang menangkap tawanan dari Indonesia. Beberapa dari mereka diprediksi merupakan para pejuang dari Tanah Air.

Foto yang diunggah oleh @potolawas adalah salah satu arsip online yang tersimpan di Nederlands Instituut voor Militair Historie (NIMH). Dilihat dari situs NIMH Belanda (nimh-beeldbank.defensie.nl), foto itu direkam pada tahun 1945.

"Japanse soldaat met Indonesische gevangenen na de tweede slag om Semarang Midden-Java in 1945. (Tentara Jepang dengan tawanan Indonesia setelah Pertempuran Kedua di Semarang Jawa Tengah pada tahun 1945)," bunyi keterangan pada NIMH Belanda.

Kita bisa melihat terdapat beberapa orang Indonesia dengan pakaian seadanya. Beberapa dari mereka hanya bertelanjang dada saja. Tak hanya itu, terdapat salah seorang tawanan berpeci dengan pakaian yang telah sobek.

Foto tentara Jepang dan tawanan Indonesia di tahun 1940-an ini bikin netizen sedih. (Instagram/ potolawas)

Seorang tentara Jepang nampak mengikat orang-orang Indonesia dengan tali di bagian leher. Tak sedikit tawanan dari Indonesia itu yang masih berusia remaja. Beberapa di antaranya memakai peci sembari tetap menegakkan kepala meski tangan mereka diikat.

Sebagian netizen merasa sedih dengan pemandangan tersebut. Foto ini menyiratkan betapa besarnya pengorbanan para pejuang saat bertempur dengan pasukan asing.

Akun @potolawas menjelaskan bahwa kemungkinan tawanan ini akan dinterogasi agar mereka mau memberitahu posisi para pejuang lainnya. Foto jadul mengenai tentara Jepang dan tawanan Indonesia pada tahun 1945 ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Sebagian yang ditangkap masih terlihat remaja (emoticon sedih)," tulis @nu**ini_f**a.

Foto tentara Jepang dan tawanan Indonesia di tahun 1945. (NIMH)

"Walaupun tertangkap, para pejuang kita masih tegak berdiri tidak gentar," balas @pe**nak.un**as.

"Terasa banget kesedihannya (emoticon menangis)," pendapat @put**ii**va.

"Masya Allah, melihat kehidupan zaman dulu sungguh menakutkan. Alfatihah untuk para pejuang," doa @ma**ric**n1409. Itulah tadi foto jadul tentara Jepang dan tawanan Indonesia di tahun 1940-an yang membuat netizen sedih, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Perjalanan Mudik Seru Bersama Vivo V30 Series