Senin, 06 Mei 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 18 Februari 2022 | 13:56 WIB

Hitekno.com - Setiap periode biasanya memiliki gaya atau mode yang sedang tren pada masanya. Sebuah foto jadul yang menampakkan pameran sepeda hias di Semarang saat masa kolonial Belanda ini menarik perhatian netizen.

Akun Instagram @potolawasofficial membagikan beberapa potongan foto mengenai kondisi jalan di Semarang pada 1914.

"Sepeda berhiaskan daun tembakau dalam sebuah pameran Semarang, sekitar 1914," tulis @potolawasofficial pada caption-nya.

Akun @potolawasofficial sebenarnya membagikan arsip foto yang tersimpan di Leiden University Libraries. Kita bisa menyaksikan seorang wanita membawa sepeda dengan berbagai aksesori yang cukup "ramai".

Tak hanya bagian sepeda, wanita ini juga memakai hiasan kepala yang terbuat dari daun. Netizen langsung menyoroti beberapa remaja dan bocah bule yang menonton pameran tersebut.

Foto sepeda hias di Semarang tahun 1914. (Instagram/ potolawasofficial)

Sebagian penonton kemungkinan merupakan orang Belanda. Meski begitu, beberapa di antaranya termasuk orang Indonesia asli. Salah seorang bocah bule memakai baju yang dianggap netizen mirip seragam pelaut.

Sebagian dari mereka berpakaian cukup rapi dan keren. Warga lokal nampak memakai blangkon dan pria bule terlihat mengenakan topi bundar.

Beberapa foto jadul sering menampakkan remaja Belanda yang gemar mengenakan baju berwarna putih dan hiasan di bagian kepala.

Foto sepeda hias di Semarang tahun 1914. (Leiden University Libraries)

Postingan turut memperlihatkan seorang pria lokal yang ikut meramaikan pameran sepeda hias tersebut. "Versierde fiets op de Koloniale Tentoonstelling te Semarang. (Sepeda hias di Pameran Kolonial Semarang)," bunyi keterangan yang tertulis di Leiden University Libraries. Unggahan foto jadul mengenai pameran sepeda hias di tahun 1914 ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Jadi gini keadaan di Indonesia saat masa Titanic tenggelam," kata @my**bb**ages.

"Anak-anak bule mengingatkan film Danur, dedek Hansen dan kawan-kawan," balas @bin**as**ji.

"Bocah bule pakai baju pelaut ya..wkwk," komentar @wa**nn6*.

"Kenapa tidak ada yang tersenyum ya?" tanya @jul**na**hanes. Itulah tadi foto jadul pameran sepeda hias di Semarang pada masa kolonial Belanda 1914, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Netizen Tuding Dirinya Terkena Star Syndrome, Begini Respons Inara Rusli