Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 22 Februari 2022 | 21:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kemerdekaan Indonesia diraih serta dipertahankan dengan susah payah oleh para pejuang Tanah Air. Sebuah foto yang menampakkan tentara Belanda saat mengancam para pejuang di tahun 1940-an ini menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Instagram @potolawasofficial membagikan foto jadul mengenai tentara dan pejuang Indonesia saat diancam oleh pihak lawan.

Foto tersebut direkam di Surabaya pada tahun 1940-an. Akun fanspage tersebut sebenarnya membagikan ulang arsip online yang tersimpan di Nederlands Instituut voor Militair Historie (NIMH).

"Een marinier maakt een dreigende beweging met zijn geweerkolf bij de ondervraging van een groepje gevangen genomen TNI-strijders. (Seorang Marinir melakukan gerakan mengancam dengan popor senapannya saat menginterogasi sekelompok pejuang TNI yang ditangkap)," bunyi keterangan yang tertulis di situs NIMH Belanda.

Situs tersebut mengungkap bahwa foto ini direkam pada kisaran 1946 hingga 1948. Kita bisa melihat seorang marinir Belanda yang memegang senjata di depan para pejuang.

Foto pejuang TNI yang diancam menggunakan popor senjata pada tahun 1940-an. (Instagram/ potolawasofficial)

Pria asing tersebut seakan ingin memukul beberapa orang di depannya. Beragam ekspresi wajah nampak terekam dalam sebuah foto hitam putih ini.

Salah seorang pejuang kemerdekaan terlihat seperti beradu argumen dengan tentara Belanda. Netizen dibuat salfok dengan sosok pria paling depan.

Ia nampak mengangkat tangan menyerupai orang yang sedang berdoa. Pria paling depan itu terlihat penuh lumpur dan memakai penutup di bagian kepala. Beberapa foto lawas lain yang tersimpan di NIMH (nimh-beeldbank.defensie.nl) memperlihatkan para pejuang Indonesia saat tertangkap oleh tentara Belanda di tahun 1947.

Foto pejuang TNI yang diancam menggunakan popor senjata pada tahun 1940-an. (NIMH)

Tak sedikit di antara mereka yang terluka sehingga harus dirawat oleh Palang Merah dari pasukan musuh. Momen pejuang Indonesia saat diancam oleh tentara Belanda ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Ya Allah, yang depan tengah itu berdoa," kata @de**aput**kha.

"Surabaya tempo dulu ternyata punya sawah seluas itu. Sekarang sudah dibuat rumah semua," komentar @nd**_0*.

"Sampai ada yang angkat tangan minta doa (emoticon terharu)," balas @mu**n.ro**man.

"Mereka gagah-gagah semua, bukan terlihat dari badannya namun dari raut wajah yang tidak gentar," pendapat @de**bu**88.

"Rest in peace para pahlawan," ucap @st**ie. Itulah tadi foto jadul para pejuang yang tertangkap di tahun 1940-an, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Remaja yang Jadi Ikon Kecantikan di Masanya, Foto Jadul Desy Ratnasari Bikin Netizen Pangling