Senin, 06 Februari 2023
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 23 Februari 2022 | 15:16 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul dapat meninggalkan nilai sejarah dan kesan tersendiri bagi generasi setelahnya. Sebuah potret lawas jalan di Jawa Tengah tahun 1940-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Emi Wijayanti membagikan foto hitam putih melalui forum Indonesia Tempoe Doeloe.

"Jalanan di Muntilan, Jawa Tengah. Tahun 1949," tulis Emi Wijayanti. Pengguna Facebook tersebut membagikan ulang arsip online dari Tropen Museum.

Kita bisa melihat beberapa orang yang berada di pinggir jalan dengan busana menarik. Kondisi jalan cukup sepi di mana kita hanya menemukan sedikit orang yang lewat.

Terdapat setidaknya tiga orang yang terlihat mendorong gerobak berisikan anyaman bambu di bagian samping. Kita juga masih bisa menyaksikan seorang bule yang melintas pada salah satu sudut trotoar.

Foto jadul jalan di Jawa Tengah pada tahun 1949. (Tropen Museum via Indonesia Tempoe Doeloe)

Orang berpakaian sederhana dengan jarit batik juga terekam pada foto jadul tersebut. Jalanan masih terbuat dari tanah di mana rumput juga tumbuh di sisi jalan.

Netizen mengagumi kondisi trotoar yang terlihat luas pada zaman tersebut. Pada beberapa foto jadul lain di kisaran tahun 1945 hingga 1955, kita masih sering melihat kondisi jalan yang cukup sederhana.

Kondisi jalan tersebut terbuat dari tanah dengan beberapa bangunan memiliki atap terbuat dari jerami. Postingan foto jadul mengenai sebuah jalan di Jawa Tengah tahun 1940-an memancing beragam komentar dari netizen.

"Jalanan masih sepi, trotoar nyaman pada masanya," kata Her**w*n.

Foto penjual makanan tahun 1955 di Cirebon. (Tropen Museum via Facebook Indonesia Tempoe Doeloe)

"Seandainya saya tiba-tiba ada di sana waktu itu dan mau ke Semarang saya tanya, 'mas ke Semarang lewat mana ya?' Ini mas, ikut saya jalan raya ini ke utara' 'Loh jadi ini jalan provinsi lintas kota? Oh...'," canda Kris**nt**o Aj*.

"Jalan lebar, trotoar lebar, mantap," puji In**h Ra**a.

"Trotoar besar, nyaman lihatnya," balas @Pa**dan*n. Itulah tadi foto jadul kondisi jalan di Jawa Tengah tahun 1940-an, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Jadi Tontonan Warga, Buaya Ini Makan Ular Piton di Pinggir Sungai