Senin, 27 Juni 2022
Agung Pratnyawan : Selasa, 01 Maret 2022 | 19:09 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Terminal layanan internet satelit Starlink akhirnya tiba di Ukraina, seperti dilaporkan Suara.com hari ini, Rabu (1/3/2022).

Kabar ini dari Wakil Perdana Menteri Ukraina Mykhailo Fedorov yang membagikan informasi telah tibanya terminal layanan internet satelit dari perusahaan milik Elon Musk tersebut.

Pejabat ginggi Ukraina ini juga membagikan gambar truk penuh terminal layanan internet satelit Starlink Senin malam (28/2/2022), menulis, "Starlink — di sini. Terima kasih, @elonmusk."

"Sama-sama," jawab CEO SpaceX dan Tesla dilansir laman New York Post, Selasa (1/3/2022).

Terminal Starlink menerima internet dari 2.000 satelit SpaceX, memungkinkan pengguna untuk online meskipun layanan mereka telah terputus.

Fedorov pertama kali meminta Musk memperluas layanan ke Ukraina melalui Twitter pada hari Sabtu ketika militer Rusia mengepung negara itu.

"@elonmusk, saat Anda mencoba menjajah Mars — Rusia mencoba menduduki Ukraina!" Fedorov menulis pada Sabtu (26/2/2022).

"Sementara roket Anda berhasil mendarat dari luar angkasa — roket Rusia menyerang warga sipil Ukraina! Kami meminta Anda untuk menyediakan stasiun Starlink ke Ukraina dan meminta orang Rusia yang waras untuk berdiri."

Terminal Starlink tiba di Ukraina. [Twitter]

Elon Musk menjawab beberapa jam kemudian bahwa layanan Starlink sekarang aktif di Ukraina dan mengatakan dia akan mengirim lebih banyak terminal.

Pada Senin kemarin, dia tampaknya telah memenuhi janji itu.

Tidak jelas apakah orang Ukraina harus membayar untuk terminal atau untuk layanan Starlink.

SpaceX saat ini mengenakan biaya 500 dolar AS atau sekitar Rp 7,18 juta untuk terminal dan 100 dolar AS atau senilai Rp 1,44 juta per bulan untuk layanan internet standar.

Perusahaan menambahkan layanan premium dengan biaya 500 dolar AS per bulan dengan terminal 2.500 dolar AS atau kisaran Rp 35,93 juta.

Namun, SpaceX tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Itulah laporan terkini, tibanya terminat internet satelit Starlink di Ukraina seperti yang dijanjikan Elon Musk. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

Ingin Hancurkan Satelit Starlink Elon Musk, Ilmuwan China Kembangkan Senjata Baru