Kamis, 09 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Selasa, 15 Maret 2022 | 11:46 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ingin mengamankan data percakapan atau chat kamu? Gunakan cara backup WhatsApp ke Google Drive untuk melakukannya. Berikut ini tim HiTekno.com telah merangkum tutorial WhatsApp yang akan memudahkan kamu.

Bagi kalian para pengguna Android, iPhone maupun iPad yang menggunakan aplikasi WhatsApp kalian juga bisa membackup chat, video, foto, maupun dokumen yang ada di dalam WhatsApp dengan aman menggunakan Google Drive.

Tapi kalian bingung, bagaimana cara backup WhatsApp ke Google Drive? Ikuti tutorial WhatsApp yang dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Terdapat berbagai pilihan bagi kalian yang ingin menyimpan atau membackup WhatsApp di Android, iPhone dan iPad, bahkan bagi kalian yang ingin praktis dalam melakukan penyimpanan instan kalian bisa mengaktifkan mode otomatis.

Maka WhatsApp bisa melakukan back up per harian, mingguan, dan bulanan. Selain itu kalian juga bisa menyimpan dokumen, video, maupun foto secara bersamaan.

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay)

Yuk kita simak ini dia tutorial cara backup WhatsApp ke Google Drive:

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang ada di HP kalian
  2. Kemudian pilih dan klik ikon "titik tiga" yang ada di pojok kanan atas
  3. Lalu pilihlah menu "Setelan"
  4. Kemudian pilihlah sub menu "Chat" > "Cadangan Chat" > "Cadangkan ke Google Drive"
  5. Kalian bisa memilih pencadangan secara otomatis maupun kalian bisa melakukan backup secara manual pilih sesuai dengan keinginan kalian, jika kalian ingin melakukan secara manual maka pilihlah menu "Jangan pernah" atau "Hanya ketika saya mengetuk "Cadangkan""
  6. Pilih atau masukkan akun Google yang akan digunakan untuk mencadangkan riwayat chat WhatsApp kalian pada sub menu "Akun Google"
  7. Pilih dan klik menu "Cadangkan melalui" pada pilihan ini kalian akan memilih mencadangkan ketika terhubung ketika terhubung dengan wi-fi maupun ketika menggunakan data seluler ataupun keduanya
  8. Pada sub menu "Cadangan terenkripsi end-to-end" kalian klik "Nyalakan" pada kolom hijau
  9. Setelah itu, pilih "Buat Sandi" dan masukkan kombinasi antara huruf dan angka sebanyak 6 digit
  10. Lalu klik "Buat" 

 

Proses backup WhatsApp telah selesai kalian lakukan, selain mudah dan praktis tentu kalian yang tidak ingin kerepotan untuk melakukan backup WhatsApp secara menual bisa mengaktifkan menu backup harian, mingguan ataupun bulanan. 

Nah, itulah cara backup WhatsApp ke Google Drive yang bisa kalian lakukan serta mengaktifkan fitur enkripsi end-to-end agar privasi kalian akan lebih terjaga. Cukup mudah bukan tutorial WhatsApp di atas?

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

BACA SELANJUTNYA

5 Fitur Baru Status WhatsApp yang Lebih Seru, Tanggapan hingga Suara