Sabtu, 04 Mei 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 22 Maret 2022 | 14:12 WIB

Hitekno.com - Teknologi dalam mobil selalu berkembang dari tahun ke tahun. Sebuah iklan yang menampilkan model mobil lawas pada tahun 1923 ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun Facebook resmi Perpustakaan Nasional membagikan iklan jadul yang pernah dimuat di salah satu surat kabar pada Agustus 1923. Mobil dengan mesin yang cukup menonjol di bagian depan ini dapat menampung tujuh orang penumpang.

"Salah satu iklan rental mobil di Padang tahun 1923. Mobilnya bagus dan muat 7 orang," tulis akun Facebook Perpustakaan Nasional dalam caption-nya.

Pihak pengiklan mengklaim bahwa mobil rental dari mereka dapat digunakan untuk perjalanan jauh. Mereka juga memamerkan bahwa mobil tersebut memiliki mesin yang mulus dan tidak berbunyi.

Iklan lawas ini diketahui masih menggunakan Ejaan Lama atau Ejaan Van Ophuijsen. "Auto Verhuurderij. Telefoon no. 312. Dimoeka Djam Besar. Selaloe ada mempersewakan Automobiel boeat palsir dalam kota dan berdjalan djaoeh, seperti ke Medan Deli dan lain-lain tempat. Boleh Berdamai. Auto boeat merk Houdson, merk Chandler kedoenja boleh moeat 7 orang, djalanja bagoes, tidak berboeni," bunyi keterangan di dalam iklan.

Iklan rental mobil di Padang tahun 1923. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Netizen langsung menyoroti penampakan mobil model jadul pada iklan tersebut. Mobil itu nampak memiliki model tempat duduk mirip seperti kendaraan tradisional andong.

Bedanya, kendaraan tersebut tak ditarik oleh kuda, namun sudah menggunakan mesin. Postingan iklan jadul mengenai rental mobil di tahun 1923 ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Menarik banget. Saya jadi paham mengapa orang di daerahku selalu bilang OTO untuk mobil," kata Am* K**a.

Iklan rental mobil di Padang tahun 1923. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

"Peralihan bentuk Andong atau Delman menjadi kereta bermesin. Mantap," balas Ri**y Ir**a.

"Model 7 seater-nya antik," komentar R**i Kri**and*.

"Wah, nomor telepon saat itu cuma 3 digit," ungkap Hi**i Fa**al. Itulah tadi iklan jadul rental mobil pada tahun 1923 yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Foto Rendy Kjaernett Makan Mi Bareng Wanita Misterius, Netizen: Jelas Si Syahnaz