Selasa, 30 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 24 Maret 2022 | 15:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setiap periode biasanya memiliki gaya yang tengah tren pada masanya. Sebuah foto lawas yang menampakkan penjual minyak keliling ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Bang Ilok membagikan foto mengenai penjual keliling melalui forum Indonesia Tempoe Doeloe.

Penjual keliling ini nampak mengenakan pakaian berkerah dan celana panjang cutbray. Ia terlihat memamerkan senyum ke arah kamera.

"Betawi punya cerita, tukang minyak kelapa. Dulu namanya tukang minyak kelapa pada jualan keliling kampung. Minyak kelapa dijual pada kaleng besar dan dipikul di sebelah kanan dan kiri," tulis Bang Ilok pada caption-nya.

Postingan mengenai foto lawas penjual minyak kelapa ini menarik perhatian netizen setelah memperoleh 4.100 tanda suka dan ratusan komentar dari netizen.

Foto lawas penjual minyak keliling ini menarik perhatian netizen. (Facebook Bang Ilok via Indonesia Tempoe Doeloe)

Sebagian besar netizen menyoroti gaya sang penjual keliling yang dianggap cukup keren. Masih belum diketahui terkait kapan foto itu direkam, namun kita pernah melihat orang-orang yang begitu bangga berpose dengan menggunakan celana cutbray di tahun 70-an dan 80-an.

Dikutip dari Wikipedia, cutbray merupakan gaya celana panjang dengan ujung membentuk lonceng di mana bagian bawah lebih longgar dibandingkan atasnya.

Cutbray mulai menjadi tren modis bagi perempuan pada pertengahan 1960 di Eropa dan Amerika Utara. Mode ini kemudian menyebar ke banyak negara pada tahun 1970-an dan menjadi tren anak muda, baik pria maupun wanita.

Gaya pria 1970-an dengan celana cutbray ini bikin netizen salfok. (Instragram/ perfectlifeid)

Banyak foto jadul yang memperlihatkan para pria bercelana cutbray dengan potongan rambut agak gondrong di bagian belakang. Itu kemungkinan merupakan gaya yang cukup hype di periode lawas. Foto penjual minyak kelapa keliling ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Masih ingat dulu waktu kecil di awal 80-an tinggal di Jiung Kemayoran. Tukang minyak, minyak tanah, dan tukang jual air memikul dagangannya dan berjualan keliling," kata Aul**na**ir.

"Gayanya keren banget, sesuai zamannya celana komprang. Outfit terlihat rapi dan bersih," pendapat En**ng Ir**ati.

"Celana cutbray gue banyak banget, peninggalan babe. Berasa kaya A. Rafiq..wkwk," komentar Br**r Doe**osim.

"Jadi kangen masa kecil tahun 70-an ikut jongkok nungguin emak beli minyak di cantingin seneng banget dah ah. Lihat si abangnya nyendokin minyak ke botol," balas Ya**i Ri**a.

"Saya punya celana cutbray warna biru tua dan krem. Peninggalan dari almarhum eyang kakung. Celana dipakai almarhumah mama saya waktu ke Dieng," kenang D**i Uba**ill*h. Itulah tadi foto lawas penjual keliling dengan celana cutbray yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Mahasiswi KKN yang Diusir Warga Akhirnya Minta Maaf, Malah Kena Nyinyir Netizen