Kamis, 29 September 2022
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 27 Maret 2022 | 15:47 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kebiasaan minum kopi dan nongkrong rupanya sudah terbentuk di era lawas. Sebuah foto jadul mengenai pria yang sedang ngopi di tahun 1940-an ini sukses menarik perhatian netizen.

Seorang pengguna Facebook dengan akun bernama Sugianto Gianto membagikan foto melalui forum Indonesia Tempoe Doeloe.

"Foto konon tahun 1947 awal kemerdekaan, tiga orang sedang minum kopi dan makan di angkringan (warung pakai angkring)," tulis Sugianto Gianto pada caption-nya.

Setelah ditelusuri, foto tersebut tersimpan di situs Nederlands Fotomuseum. Arsip yang tersimpan di laman resmi museum milik Belanda itu menampakkan banyak foto lawas di era 1940-an dan 1950-an.

Pada salah satu foto, kita bisa melihat pedagang yang menjajakan dagangan dengan alat pikul. Beberapa orang nampak menikmati makanan dan beberapa cangkir kopi di atas meja.

Foto pria minum kopi tahun 1940-an. (Nederlands Fotomuseum via Facebook Indonesia Tempoe Doeloe)

Dua orang pria terlihat memakai baju sederhana dan peci hitam di bagian kepala. Foto lain dari Nederlands Fotomuseum dan Leiden University pernah menampakkan momen serupa mengenai pedagang yang menjajakan makanan di pinggir jalan.

Cukup khas, sebagian pembeli terlihat berkunjung dengan mamakai peci. Terdapat pembeli yang hanya memakai singlet, namun ada pula yang berpakaian rapi. Bahkan terdapat pembeli yang menikmati hidangan tanpa menggunakan alas kaki.

Momen orang bepergian tanpa alas kaki banyak terekam beberapa tahun setelah Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Kondisi ekonomi yang belum begitu baik kemungkinan menjadi penyebab mengapa banyak orang saat itu tak memakai alas kaki. Foto jadul beberapa pria yang menikmati kopi di tahun 1940-an ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Mantap, ini bukti jika sejak dulu sebelum datang era warkop dimana-mana rakyat Indonesia umumnya sudah doyan ngopi," kata M**aji N**sa.

Foto pria minum kopi tahun 1940-an. (Nederlands Fotomuseum via Facebook Indonesia Tempoe Doeloe)

"Cangkir kopi terlihat mewah," balas A**a Ke**ma.

"Keren pakai cangkir, kalau sekarang pakai gelas plastik," komentar G*z Kop**r.

"Bagaimana ya rasanya dua tahun sejak proklamasi? Gue jadi penasaran," ungkap H**u D**o.

Model pedagang angkringan tempo lawas. Diperkiraan tahun 1940-an. (Facebook/ Indonesia Tempoe Doeloe)

"Nggak tahu kenapa kopi cangkir itu bisa membuat rasa kopi jadi khas santai beda dengan kopi gelas apalagi plastik," pendapat C** M*s.

"Ciri khas Indonesia pecinya, mantap," tulis I**r J**i. Itulah tadi foto jadul mengenai momen orang-orang minum kopi di tahun 1940-an, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Cowok Ini Nggak Jadi Galau Gegara Punya Teman Random, Netizen: Ada Aja Idenya