Jum'at, 29 Maret 2024
Amelia Prisilia : Kamis, 07 April 2022 | 16:43 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kementerian Kominfo melalui HUB.ID di tahun 2022 ini semakin menunjukan dukungannya untuk berbagai fasilitas yang ada dalam startup digital di Tanah Air. Lebih menjangkau daerah-daerah dalam bidang logistik, HUB.ID lalu mengembangkan startup binaannya, Dagangan.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan dalam sambutannya menyebut bahwa HUB.ID senantiasa berjuang untuk mengembangkan ekosistem digital termasuk infrastruktur hingga regulasi yang ada guna mendukung startup di Indonesia.

Kominfo bersama HUB.ID berusaha untuk menghadirkan pemberdayaan startup digital yang lebih ciamik dan berjalan dari hilir ke hulu guna menjaring talenta baru yang nantinya dapat menjadi bagian dari ekosistem digital.

Ikut menyambut perkembangan Indonesia menuju ekosistem digital yang lebih baik, Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming menyebut bahwa daerah pimpinannya kini sangat berkembang dan mendukung perkembangan digital yang lebih baik.

Hal ini terbukti dari sejumlah pasar tradisional di Surakarta yang kini mulai memanfaatkan pembayaran cashless sebagai bentuk transformasi digital yang saat ini sedang digaungkan oleh pemerintah.

Startup binaan HUB.ID, Dagangan. (Dagangan)

Mendukung berkembangnya era digital di masa mendatang, pemerintah melalui Kominfo gencar mendorong pertumbuhan berbagai startup baru di Indonesia dengan program HUB.ID.

Dalam HUB.ID bergabung sejumlah startup binaan yang mendapat dukungan pendanaan, kerjasama bisnis hingga sejumlah kemitraan lainnya. Salah satu startup binaan yang semakin berkembang saat ini adalah Dagangan yang dihadirkan untuk menjangkau daerah-daerah dari bidang logistik.

Dagangan saat ini begitu fokus melayani masyarakat di sejumlah kota di Tier 3 dan Tier 4. Dengan program ini, pemerintah dapat dengan mudah membantu deretan produsen besar untuk menjangkau daerah-daerah yang sulit dijangkau kebutuhan logistik.

Terus berkembang, kini Dagangan mampu menjalin kerjasama dengan startup logistik lainnya yaitu SiCepat, MDI Ventures hingga sejumlah Kementerian Desa lainnya. Respon baik yang diterima oleh Dagangan membuat startup ini terus berusaha menjangkau sejumlah daerah lainnya di tingkat pedesaan.

Demi mencapai tujuan yang sama, HUB.ID selaku program yang menaungi Dagangan jelas sangat siap untuk memberikan dukungan dari segala aspek guna hasil yang lebih baik di masa mendatang untuk mendorong perkembangan digital di Indonesia.

BACA SELANJUTNYA

Proyek Dikorupsi Menkominfo, Ketahui Apa Fungsi Penting BTS