Rabu, 28 September 2022
Agung Pratnyawan : Jum'at, 08 April 2022 | 17:25 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bingung bagaimana cara membuat video shorts di YouTube? Ikuti tutorial YouTube yang telah dirangkum tim HiTekno.com berikut ini, bagaimana cara membuat video shorts.

Cara membuat video shorts di YouTube sebenarnya sangat mudah, bahkan bisa dilakukan menggunakan smartphone. Shorts sendiri adalah fitur video pendek mirip dengan TikTok dan Reels dari Instagram.

Tujuan dari fitur YouTube Shorts ini adalah wadah bagi setiap orang untuk mengubah ide menjadi peluang untuk terhubung dengan penonton baru di mana saja di seluruh dunia. Yang kamu butuhkan hanyalah smartphone dan kamera Shorts yang merupakan bawaan aplikasi YouTube.

Alat pembuat video Shorts ini dapat membantumu menjadi kreator di YouTube dengan cara yang cepat, seru dan mudah. Fitur Short memungkinkan pengguna YouTube untuk mengunggah video pendek berdurasi 15-60 detik, lengkap dengan musik latar, filter, teks, dan caption.

Pengguna juga bisa memberikan tanda suka (like), tidak suka (dislike), komentar, atau membagikan video Short ke platform lainnya. Berikut cara membuat video shorts di YouTube yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

YouTube Shorts. (YouTube)

Cara Membuat Video Shorts di YouTube

Pastikan bahwa video yang kamu record dalam posisi potrait bukan landscape. 

  • Pertama membuka aplikasi YouTube.
  • Tekan ikon + pada Bagian Bawah Tengah
  • Kemudian lanjutkan dengan mengetuk tanda + untuk mulai menggunakan fitur Shorts
  • Cara membuat video shorts selanjutnya pilih opsi create a short, kemudian lanjutkan dengan memilih lamanya durasi yang akan kamu gunakan.
  • Untuk merekam kamu cukup menekan tombol merah yang ada pada tampilan Youtube kamu.
  • Setelah selesai merekam kamu dapat mengatur speed, time, menambahkan beberapa efek dan musik latar.
  • Cara membuat Youtube Shorts selanjutnya adalah buat judul short semenarik mungkin, kamu juga dapat menentukan jadwal tayang menggunakan fitur schedule.
  • Terakhir upload video short ada dengan mengetuk tombol upload pada bagian kanan atas.

Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)

Fitur Youtube Shorts

  1. Undo dan redo
    Ada fitur undo dan redo ketika pengambilan gambar berlangsung sehingga pengguna bisa memanfaatkannya sesuai kebutuhan.
  2. Kecepatan video
    Lalu pengguna juga bisa mengatur kecepatan pengambilan video,bisa diatur dengan ritme cepat hingga 3 kali lipat atau pun dengan ritme lambat hingga 0,3 kali lipat.
  3. Filter
    Tak ketinggalan ada juga filter yang tersedia lebih dari 10 jenis yang bisa ditambahkan untuk mempercantik dan memperindah gambar yang anda buat.
  4. Lagu
    Untuk fitur penambahan lagu anda bisa menambahkan lagu di awal atau pun di akhir pengeditan video sesuai dengan kebutuhan anda. Bagian lagu atau audio yang ditambahkan pun tentunya bisa dipilih sesuai dengan keinginan kreator.
  5. Teks
    Fitur penambahan teks juga sudah disematkan dalam aplikasi YouTube Shorts dan bisa diatur kapan tulisan tersebut muncul di bagian video.

Itulah cara membuat video shorts di YouTube yang bisa kamu coba. Kamu juga bisa mendapatkan bonus komisi atau reward atas video short yang sudah kamu buat. Tentunya untuk mendapatkan komisi tersebut ada syarat dan peraturan yang harus dipenuhi.

Ikuti cara membuat video Shorts di YouTube di atas dengan baik. Selamat mencoba tutorial YouTube tersebut. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Belum Lama Jadi Youtuber, Eimi Fukada Capai 1 Juta Subscriber