Sabtu, 20 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 13 April 2022 | 15:32 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Harga minyak goreng yang mengalami kenaikan akhir-akhir ini turut menyita perhatian banyak orang. Daftar harga minyak goreng dan berbagai bahan pokok di tahun 1976 berhasil membuat netizen salfok.

Akun Facebook resmi Perpustakaan Nasional membagikan daftar harga bahan pokok yang pernah dimuat oleh salah satu surat kabar lawas.

"Berikut ini daftar harga beberapa bahan makanan pokok pada tahun 1976. Di mana harga minyak goreng waktu itu berada di harga Rp 245 per liter," tulis akun Perpustakaan Nasional.

Foto jadul mengenai daftar harga tersebut merupakan salah satu arsip dari Koleksi Layanan Surat Kabar Langka Perpustakaan Nasional RI (Skala Team).

Kita bisa melihat beras yang terdiri dari berbagai varian atau jenis yaitu Rojolele, Shinta, Bengawan, dan Cere. Beras jenis Cere II dibanderol Rp 130 per kilogram sementara Rojolele I dapat dibeli dengan harga Rp 210.

Harga minyak goreng dan kebutuhan pokok tahun 1976. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Tepung terigu Bogasari dibanderol Rp 2.625 per sak dan minyak goreng ditawarkan dengan harga Rp 245 per liter. Pada iklan jadul yang pernah dimuat tahun 1978, harga minyak goreng merek Rose Brand per kaleng isi 16 kilogram dibanderol sebesar Rp 6.500.

Dikutip dari Wikipedia, nilai satu dolar AS pada tahun 1971 hingga 1978 ada pada kisaran Rp 415 - Rp 625. Sesuai klip berita dan iklan pada surat kabar lawas, harga emas di tahun 1970-an ada pada kisaran Rp 2 ribuan. Daftar harga minyak goreng dan kebutuhan pokok di tahun 1976 ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Dulu murah tapi nggak ada teknologi. Kalau malam boro-boro bisa nonton film atau bola. Sekarang gampang, yang penting kita bersyukur dengan keadaan saja serta terus berdoa dan berusaha," kata I**n Ko**nika.

Harga minyak goreng dan kebutuhan pokok tahun 1976. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

"Ingat zaman itu, ketika tiap malam ada berita soal info harga sembako di TVRI. Kerennya, kalau ada lonjakan harga cukup disenyumin aja sama eyang Soeharto besok-besok harga udah stabil," kenang W**dy A**a.

"Embah saya pernah cerita kalau gaji PNS waktu itu Rp 89 ribu per bulan," komentar Zae**l Ar**in.

"Mereka yang hidup di beberapa generasi merasakan kenaikan harga. Nilai uang setiap masa berubah, jangan bandingkan masa kini dengan masa lalu," pendapat U**u Ra**a. Itulah tadi daftar harga minyak goreng dan bahan pokok di tahun 1976, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Mulai Penjualan Perdana, POCO M6 Pro Dapatkan Harga Spesial