Sabtu, 04 Mei 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 21 April 2022 | 19:46 WIB

Hitekno.com - Foto jadul dapat meninggalkan nilai sejarah tersendiri bagi generasi puluhan tahun yang akan datang. Sebuah foto lawas mengenai para siswa di Jakarta tahun 1939 ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Facebook Potret Sejarah Indonesia membagikan foto yang memperlihatkan suasana di dalam kelas. Foto hitam putih itu merupakan salah satu arsip online yang tersimpan di Tropen Museum.

"Potret para siswa Sekolah Perdagangan, Kwitang, Jakarta, Juni 1939," tulis Potret Sejarah Indonesia pada caption-nya.

Postingan foto jadul ini berhasil viral setelah memperoleh lima ribu tanda suka dan memancing ratusan komentar dari netizen. Unggahan foto lawas tersebut semakin viral setelah dibagikan lebih dari 112 kali.

Kita bisa menyaksikan belasan siswa yang nampak berpose di depan kamera. Seorang pria juga terlihat sedang bersender pada salah satu sudut ruangan.

Foto siswa di tahun 1939. (Facebook/ Potret Sejarah Indonesia)

Sebagian besar perempuan di dalam foto memiliki model rambut yang mirip satu sama lain. Mereka memiliki rambut agak panjang dengan model bergelombang di bagian belakang.

Terdapat siswa pribumi dan juga beberapa siswa bule dari Eropa. Pada beberapa foto jadul di tahun 1940 hingga 1950-an, kita masih melihat banyak remaja yang berpose tanpa menggunakan alas kaki di jalan.

Siswa-siswa di dalam foto ini kemungkinan besar merupakan golongan elit atau bangsawan pada zamannya. Mereka terlihat mengenakan sepatu bermodel bagus saat mengenyam pendidikan. Foto jadul siswa tahun 1939 tersebut memancing beragam komentar dari netizen.

"Mereka terlihat cantik dan pintar ya," kata Ro**nus I**n.

Foto siswa di tahun 1939. (Facebook/ Potret Sejarah Indonesia)

"Baju mereka bagus-bagus. Sekarang ngetren lagi dress vintage," balas Pa**la.

"Cantik natural pada zamannya," ungkap T**uh R*j.

"Wah keren banget. Tapi menurut cerita nenek saya, dulu yang bisa sekolah cuma kaum bangsawan dan kolonial pada zaman itu," komentar Sa**hi W**ti.

"Kelihatan kalau mereka anak kaum orang berada. Rambut rapi dan baju bagus. Senyum mereka manis seperti tak ada beban," pendapat Ar** Ar**in. Itulah tadi foto jadul siswa di tahun 1939 yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

7 Tips Membuat Kreasi Foto Cerita ala Leica dengan Xiaomi 13T