Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 30 Mei 2022 | 15:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sempat viral di media sosial, foto jadul yang menampakan situasi di Bali pada tahun 1979. Netizen salah fokus pada beberapa hal dalam potret lawas ini.

Nampak dalam foto jadul Bali tahun 1979 yang viral di media sosial ini, sebuah informasi biaya penitipan motor di masa itu. 

Melihat harganya, netizen pun dibuat salah fokus murahnya biaya penitipan motor kala itu di Bali.

Foto Jadul Bali tahun 1979 ini dipostingkan fanspage Instagram @perfectlifeid hingga akhirnya viral di media sosial mendapatkan bergam tanggapan netizen.

"Pengendara sepeda motor saat akan parkir di dekat pantai Bali tahun 1979. Tampak di foto, harga titip sepeda waktu itu Rp 25 dan sepeda motor Rp 50," tulis @perfectlifeid pada keterangannya.

Netizen auto salfok dan menyoroti tarif penitipan sepeda motor di tahun tersebut. Beberapa petugas nampak menjaga tempat penitipan sementara pengunjung antre memasukkan sepeda motor.

Tak hanya biaya penitipan, netizen juga menyoroti model motor-motor yang ada di sana. Sebuah Honda CB yang akan masuk ke tempat penitipan tak luput dari perhatian netizen.

Tarif penitipan motor di Bali tahun 1979 ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ @perfectlife.id)

Kita bisa melihat beberapa orang nampak memakai baju sederhana dan rapi. Meski sederhana, tampilan pengunjung pantai itu terlihat keren pada zamannya. Bahkan terdapat pengunjung yang memakai jarit batik saat akan pergi ke pantai.

Biaya parkir Rp 20 dan Rp 50 mungkin terlihat murah jika dilihat dari zaman sekarang. Meski begitu, banderol harganya memang disesuaikan pada periode 60-an dan 70-an.

Sebagai informasi, generasi 1960-an dan 1970-an cukup akrab dengan istilah ringgit, ketip, kelip, talen/tali dan juga sen.

Pada foto jadul tahun 1961 yang pernah beredar, orang pada saat itu masih banyak yang bertransaksi mengandalkan nilai uang di bawah Rp 100. Bahkan netizen generasi lawas pernah mengingat bahwa makanan ringan pernah dibanderol Rp 2,5 atau satu ringgit.

Meski beberapa netizen menilai biaya penitipan itu cukup murah (dilihat dari zaman sekarang), namun tak sedikit netizen menilai bahwa biaya penitipan motor tersebut lumayan mahal.

Tarif penitipan motor di Bali tahun 1979 ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ @perfectlife.id)

Foto jadul penitipan motor di Bali tahun 1979 ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Kok murah banget Rp 25?" kata @r**et**98a.

"Sunmori Bali waktu itu hedon semua ya..wkwk," balas @mal**sto*y.

"Motornya ampun, keren euy (emoticon terkejut)," pendapat @b**u.u**a.

"Dan sekarang harga motor di parkiran itu puluhan juta. Pengen CB-nya (emoticon menangis)," komentar @ri**amad**ni7

"Rp 25 termasuk mahal banget. Itu harga jajan nasi pecel pas SD di desa," kenang @pr**iw*.

Itulah tadi foto jadul penitipan motor di Bali pada tahun 1979 yang viral di media sosial, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan