Jum'at, 19 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 06 Juli 2022 | 16:38 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Banyak foto jadul yang menampilkan orang-orang tempo lawas dengan pakaian tradisional. Sebuah foto lawas yang menampilkan suasana sekolah di Bogor ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun fanspage @potolawas membagikan foto jadul mengenai potret sekolah sekitar tahun 1912 - 1914. "Potret guru, calon guru, dan pelajar di sebuah sekolah pribumi di Bogor sekitar 1912-1914," tulis @potolawas pada caption-nya.

Postingan foto jadul tersebut menarik perhatian netizen di mana mereka menyoroti gaya serta busana pada zaman itu. Foto pada bagian kiri memperlihatkan bapak-bapak dan pria muda dengan busana cukup rapi.

Pria pribumi nampak menggunakan sarung bermotif batik serta blankon di kepala. Sementara pria lain yang nampak seperti orang Belanda berpose pada kursi di bagian depan.

Penampilannya lebih elit dibandingkan yang lain, lengkap dengan sepatu klimis dan juga dandanan rapi. Gaya kumisnya juga unik dan sangat berbeda jika dibandingkan murid lokal.

Foto jadul sekolah zaman old ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

"Kweekelingen en leerlingen le buitenzor," tulis keterangan pada arsip foto. Papan di bagian depan menampakkan tulisan "Gouv INL School der 1 klasse".

Foto juga menampakkan beberapa anak muda yang diduga merupakan para siswa. Anak muda tersebut memakai jarit batik serta pakaian lengan panjang yang cukup sopan. Mengingat saat itu masih zaman penjajahan Belanda, orang yang bersekolah tentu bukan golongan sembarangan.

Foto jadul sekolah zaman old ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

Kemungkinan mereka berasal dari keluarga bangsawan, priyayi, atau kalangan kelas atas. Postingan foto jadul ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Mengapa di foto ini tidak ada yang tersenyum ya," kata @t**i_cl**sic.

"Saya rindu dengan busana tradisional nusantara mereka," komentar @ya**mo**tan.

Foto jadul sekolah zaman old ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

"Ternyata Belanda tidak hanya menjajah, tapi juga berperan memberi pendidikan ke pribumi," balas @ba**_b**a29.

"Yang sekolah anak priyayi, bangsawan dan kalangan raja," pendapat @pe**wi**ari. Itulah tadi foto jadul suasana sekolah di Bogor yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Rendy Kjaernett Bilang Ia Mencintai Orang yang Tepat di Waktu yang Salah, Langsung Diceramahi Netizen