Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 17 Juli 2022 | 16:48 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Selain sebagai mantan presiden, Megawati Soekarnoputri merupakan salah seorang tokoh politik yang berpengaruh di Indonesia. Sebuah foto jadul mengenai pernikahan Megawati di tahun 1968 ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun Facebook Perpustakaan Nasional RI membagikan foto lawas yang menampilkan pernikahan Megawati Soekarnoputri dengan Soerindro Soepjarso.

"Foto pernikahan pertama Ibu Megawati Soekarnoputri dengan Soerindro Soepjarso (LU I Penerbang). Acara perayaannya diselenggarakan di kediaman Ibu Fatmawati, di Jalan Sriwijaya, Kebayoran," bunyi keterangan pada foto jadul.

Foto tersebut pernah dimuat pada salah satu surat kabar lawas pada Juni 1968. Itu adalah salah satu arsip sebagai bagian dari Koleksi Layanan Surat Kabar Langka Perpustakaan Nasional RI.

Kita bisa melihat sosok mempelai pria mengenakan seragam AURI dan Megawati memakai kebaya. Dikutip dari Wikipedia bersumber Kepustakaan Presiden-Presiden Republik Indonesia, Soerindro Soepjarso adalah sahabat karib Guntur Soekarnoputra, kakak Megawati yang konon menjodohkan Megawati dengan Surindro.

Foto jadul pernikahan Megawati tahun 1968. (Facebook/ Perpustakaan Nasional RI)

Ia kerap dipanggil Pacul atau Mas Pacul di kalangan rekan-rekannya. Resepsi pernikahan Surindro dan Megawati dilangsungkan pada 1 Juni 1968.

Dari pernikahannya, mereka dikarunia dua orang anak yang bernama Moh. Rizki Pratama dan Muhamad Prananda Prabowo.

Surindro meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan di perairan Biak, Papua (dulu Irian Jaya) pada 22 Januari 1970 ketika ia sedang mempiloti pesawat Skyvan T-701. Megawati menikah sebanyak tiga kali sepanjang hidupnya.

Foto jadul pernikahan Megawati tahun 1968. (Facebook/ Perpustakaan Nasional RI)

Pada 27 Juni 1972, Megawati menikahi seorang diplomat Mesir bernama Hassan Gamal Ahmad Hassan. Meski begitu, pernikahan hanya bertahan beberapa bulan saja karena hubungan mereka konon tak direstui keluarga Bung Karno.

Megawati lantas menikah dengan Taufiq Kiemas pada 25 Maret 1973. Puan Maharani adalah anak tunggal dari hasil pernikahan Megawati dengan Taufiq Kiemas. Foto jadul mengenai pernikahan Megawati pada tahun 1968 memancing beragam komentar dari netizen.

"Tak salah kata Jokowi, Bu Mega memang cantik. Tapi waktu masih muda," ungkap Jofr**al Jo*.

Foto Megawati ketika masih muda. (Perpusnas via Suara)

"Hanya 2 tahun umur pernikahannya dengan penerbang ini," balas Lum**w*n.

"Iya juga sih, suami Bu Mega bukan kang bakso," tulis Lu**fi P**du.

"Ada desas-desus kalau suami pertama Bu Mega dihilangkan Orde Baru," pendapat Sha**ra R**ayu. Itulah tadi foto jadul pernikahan Megawati di tahun 1968 yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Boy William Pepet Nita Vior, Netizen Malah Pertanyakan Ayu Ting Ting