Minggu, 05 Mei 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 26 Juli 2022 | 17:40 WIB

Hitekno.com - Tak hanya masyarakat modern, hobi jajan di pinggir jalan juga dimiliki oleh orang-orang tempo dulu. Sebuah foto jadul mengenai pedagang kaki lima di Garut pada tahun 1910 ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Facebook Potret Sejarah Indonesia membagikan foto hitam putih yang menampilkan kerumuman orang. Para warga nampak menyerbu beberapa pedagang di sekitarnya.

"Pedagang kaki lima di Garut Jawa-Barat, Hindia Belanda (sekarang Indonesia), sekitar tahun 1910," bunyi keterangan pada foto. Itu adalah salah satu arsip yang tersimpan di situs Leiden University Libraries. Kita bisa menyaksikan seorang pedagang yang duduk di dekat lapaknya.

Dua orang bocah nampak memegang minuman yang dibeli dari pedagang tersebut. Salah seorang bocah terlihat sangat menikmati minuman yang dijajakan oleh pedagang kaki lima.

Dua bocah ini menghampiri pedagang tanpa mengenakan alas kaki. Netizen justru penasaran dengan jenis minuman yang dinikmati oleh bocah itu. Beberapa orang terlihat mengenakan pakaian sederhana dan jarit batik.

Foto jadul pedagang minuman tahun 1910. (Leiden University Libraries via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Banyak foto mengenai pedagang kaki lima di Jawa Barat yang tersimpan di Leiden University Libraries. Sebagian di antaranya merekam pedagang di wilayah Garut dan Bandung.

Masyarakat pada dua daerah itu sepertinya sangat menyukai wisata kuliner sejak puluhan tahun yang lalu. Postingan foto jadul mengenai pedagang kaki lima di Garut pada tahun 1910 mendapat beragam komentar dari netizen.

"Sepertinya bapak itu lagi jualan es doger sama jualan telur gulung," kata Wi** Sab**ng.

"Dengan melihat foto ini saya makin yakin kalau orang Garut itu dari dulu memang senang jajan dan menikmati makanan enak. Pantas banyak jajanan enak dari sana," pendapat U** Ne*i.

Penjual makanan di Bandung tahun 1935. (Facebook/ Potret Sejarah Indonesia)

"Bocah itu lagi minum apa ya? Apa es cendol dawet?" tanya Per**di D**as penasaran.

"Segar ya dik minumannya," ungkap Si** B**so.

"Itu paling jualan cincau, karena pohon cincau banyak tumbuh di Jawa Barat," balas J** And**an. Itulah tadi foto jadul mengenai pedagang kaki lima di tahun 1910 yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Mahasiswi KKN yang Diusir Warga Akhirnya Minta Maaf, Malah Kena Nyinyir Netizen