Jum'at, 19 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 28 Juli 2022 | 19:43 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pendidikan tinggi hanya dapat dinikmati oleh orang-orang tertentu pada masa sebelum kemerdekaan. Sebuah foto jadul mengenai Sekolah Dokter Hindia Belanda pada tahun 1920-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Sasongko Jati membagikan foto hitam putih melalui forum Indonesia Tempo Doeloe. Itu adalah salah satu arsip online yang tersimpan di Tropenmuseum Belanda.

"Het leslokaal in het nieuwe gebouw van de Nederlands-Indische Artsenschool (NIAS) in Soerabaja. [Ruang kelas di gedung baru Sekolah Kedokteran Hindia Belanda (NIAS) di Surabaya]," bunyi keterangan di laman Tropenmuseum.

Deskripsi menyebutkan bahwa foto direkam pada kisaran tahun 1920 hingga 1925. Dikutip dari perpustakaan online Unair, Nederlandsch Indische Artsen School (Sekolah Dokter Hindia Belanda), atau dikenal dengan singkatannya NIAS, merupakan sekolah kedokteran yang didirikan di Surabaya tahun 1913 bagi penduduk pribumi (Jawa).

Lulusan NIAS dulu dipanggil dengan sebutan "Dokter Djawa". Para pengajar di NIAS sebagian besar merupakan dokter-dokter militer Belanda.

Foto jadul Sekolah Dokter Hindia Belanda tahun 1920-an. (Tropenmuseum via Facebook/ Indonesia Tempo Doeloe)

Tahun 1941, sekolah itu ditutup oleh pemerintah pendudukan Jepang. Akhirnya, sekolah ini berubah menjadi Fakultas Kedokteran dari Universitas Airlangga, yang diumumkan secara resmi oleh Presiden Soekarno pada tahun 1954.

Foto jadul menampakkan para siswa yang sedang duduk dan memperhatikan penjelasan pengajar asing. Busana dan sepatu yang dikenakan terlihat lebih elit jika dibandingkan orang-orang yang menempuh pendidikan pada foto lawas lainnya.

Postingan foto jadul mengenai Sekolah Dokter Hindia Belanda itu mendapat beragam komentar dari netizen.

"Anak-anak orang kaya pada zamannya," kata Be**beng He**anto.

Foto jadul Sekolah Dokter Hindia Belanda tahun 1920-an. (Tropenmuseum via Facebook/ Indonesia Tempo Doeloe)

"Meja bangku sepertinya terbuat dari kayu jati. Bisa 100 tahun kalau dirawat dengan baik," pendapat Nic**el**op.

"Muridnya para Raden Mas dan anak-anak juragan," komentar Suw**di S**yo.

"Penampilan mereka keren," puji De**in Ha**ani.

"Dulu pas SD pernah duduk di bangku seperti itu," kenang Re**hard Ag**tinus. Itulah tadi foto jadul Sekolah Dokter Hindia Belanda yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Abizar Nyanyi Lagu dengan Suara Mirip Uje, Umi Pipik Doakan Ini