Kamis, 18 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 21 September 2022 | 12:59 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Antrean motor yang mengisi Pertalite biasanya lebih panjang dibandingkan Pertamax. Video mengenai pengendara motor tua yang mengisi Pertamax ini berhasil menarik perhatian netizen.

Pengguna TikTok dengan akun bernama @ekoyusuf17 membagikan pemandangan di sebuah pom bensin. Ia merekam antrean motor yang sedang mengisi Pertalite. Lebih dari 10 motor nampak antre di jalur Pertalite.

Banyak pemotor yang berada di jalur tersebut sehingga pom bensin menyediakan dua barisan. "Gaya elit, ekonomi sulit," tulis @ekoyusuf17. Pemilik akun @ekoyusuf17 mengungkap bahwa ia menyindir beberapa kendaraan keren keluaran terbaru yang menggunakan Pertalite.

Ia lantas menyoroti jalur khusus Pertamax. Bapak-bapak berpakaian sederhana nampak tak antre sama sekali. Seorang pria itu menggunakan motor tua sembari mengenakan topi koboi.

Ia cukup santuy mengisi Pertamax karena jalurnya sangat lengang. Salah satu kendaraan di dalam video merupakan motor matic model anyar. Terdapat motor matic berharga lebih dari Rp 35 juta di dalam antrean. Motor dengan rasio kompresi 9:1 hingga 10:1 masih cocok menggunakan Pertalite.

Netizen bandingkan motor tua yang mengisi Pertamax dengan kendaraan yang antre Pertalite. (TikTok/ @ekoyusuf17)

Rasio kompresi di atasnya yaitu 10-11 cocok mengonsumsi Pertamax. Salah satu motor yang terekam memiliki rasio kompresi mesin di atas 11 sehingga disarankan memakai Pertamax.

Semakin tinggi rasio kompresi, maka kendaraan butuh bahan bakar dengan nilai oktan lebih tinggi. Postingan video mengenai motor tua yang mengisi Pertamax berhasil viral setelah ditonton lebih dari 280 ribu kali dan memperoleh 8.200 tanda suka.

Dikutip dari Suara.com, Presiden Joko Widodo mengumumkan harga bahan bakar minyak (BBM) terbaru di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (3/9/2022).

Netizen bandingkan motor tua yang mengisi Pertamax dengan kendaraan yang antre Pertalite. (TikTok/ @ekoyusuf17)

Pemerintah menetapkan harga Pertalite dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter, solar subsidi dari Rp 5.150 per liter jadi Rp 6.800 per liter, Pertamax nonsubsidi naik dari Rp 12.500 jadi Rp 14.500 per liter berlaku pada Sabtu 3 September 2022 pukul 14.30 WIB.

Tak sedikit orang yang berpindah memakai Pertalite akibat naiknya harga Pertamax. Momen pengendara motor bebek tua yang mengisi Pertamax ini mendapat beragam komentar dari netizen.

"Biasanya justru yang kayak gitu tuh juragan loh bang," kata @us**38**0.

"Bapaknya lebih terhormat dibanding motor keren tapi isi Pertalite," balas @a**qu.

 

"Jangan salah. Motor boleh butut, tapi di rumahnya mungkin ada Pajero Sport atau Fortuner," pendapat @m**mi*i.

"Malu sih, motor puluhan juta tapi nggak mampu beli Pertamax," sindir @de**012.

"Buat bapak Pertamax, dia ekonomi elit gaya sulit," komentar @ev**e**ki. Itulah tadi video viral mengenai pengendara motor tua yang isi Pertamax tanpa antre, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Netizen TikTok Bongkar Kelakuan Onad, Pernah Ngamuk-ngamuk Hingga Bentak Kru?