Senin, 29 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 10 Oktober 2022 | 18:46 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beberapa video FYP di TikTok sering menampilkan sosok Joko Kendil yang berjalan dengan cepat. Berikut terdapat lima fakta menarik mengenai Joko Kendil yang viral di media sosial.

Tak membuat konten sendiri, Joko Kendil viral karena aksi jalan cepatnya direkam oleh orang lain. Jika ditotal, belasan video FYP di TikTok mengenai pria bercaping itu sudah ditonton puluhan juta kali.

Video yang diunggah pada Rabu (28/09/2022) oleh akun @ekanovitasari704 mengungkap bahwa Joko Kendil berada di Blora, Jawa Tengah.

"Sampai Blora, Jawa Tengah, jam 2 siang dari Demak mau ke arah Rembang," tulis @ekanovitasari704 melalui video pada akhir September. Ada pula netizen yang merekam sosok Joko Kendil sedang salat pada salah satu masjid di Kudus.

Joko Kendil memiliki penampilan yang menarik perhatian mata. Ia membawa tongkat sembari mengenakan caping hijau. Pria tersebut juga memakai pakaian hitam dengan celana cingkrang.

Viral Joko Kendil berjalan cepat melintasi kota dan provinsi. (TikTok/ @ekanovitasari704)

Belasan video memperlihatkan Joko Kendil yang berjalan cepat sembari menunduk.

Berdasarkan kesaksian beberapa netizen, Joko Kendil terekam berjalan cepat melintasi beberapa kota dan provinsi termasuk daerah dekat Jalan Parangtritis Provinsi Yogyakarta, Solo, Klaten, Blora, Kudus, dan daerah lain di Provinsi Jawa Tengah.

Hal yang membuat netizen kagum adalah Joko Kendil ini melintasi kota dan provinsi dengan berjalan kaki cepat serta membawa bekal seadanya.

Meski ia hanya menggendong tas kecil, namun beberapa video menampilkan bahwa Joko Kendil sering memperoleh bekal makanan dari warga yang melihatnya di pinggir jalan.

"Kemarin saya melihat beliau di Jalan Parangtritis Yogyakarta, arah ke utara. Kemungkinan baru ziarah ke makam Syekh Maulana Magribi di bukit Parangtritis. Benar sekali, beliau jalannya sangat cepat dan menunduk ke bawah. Luar biasa, Semoga sehat selalu pak," kata netizen bernama Su**lo Wib**o melalui komentar di YouTube yang diunggah pada Agustus 2022.

Akun @mamamuda1504 membagikan video saat Joko Kendil disambut puluhan orang saat tiba di Pemalang, Jawa Tengah beberapa hari yang lalu. Berikut 5 fakta menarik mengenai Joko Kendil:

1. Mengaku Naik Macan Putih

Viral Joko Kendil berjalan cepat melintasi kota dan provinsi. (YouTube/ Sinau Hurip)

 

Pemilik channel YouTube Sinau Hurip pernah mewawancarai sosok bernama Joko Kendil ini. Pria itu terobsesi berkeliling dunia. Jalan kaki cepat telah dilakoni sejak tahun 2001.

Ia mengaku sebagai murid dari Syekh Hadi Demak Guntur. Ketika ditanya apakah ia tak capek berjalan kaki cepat dalam waktu lama, Joko Kendil mengklaim bahwa ia naik macan putih.

"Kula mboten mlampah. Sing mlaku macan e. Macan warnane putih. Nggih, kulo numpak macan. (Saya tidak berjalan. Yang berjalan macannya. Macan berwarna putih. Iya, saya naik macan putih)," kata Joko Kendil dikutip dari channel YouTube Sinau Hurip.

2. Sering Berbagi kepada yang Membutuhkan

Warga antusias menanti Joko Kendil. (TikTok/ @mamamuda1504)

 

Joko Kendil mengklaim bahwa uang yang ia terima dari orang-orang akan dibagikan lagi kepada warga yang membutuhkan di sepanjang perjalanan.

Pemilik channel YouTube Sinau Huri tak menampik bahwa kantong Joko Kendil lumayan tebal. "Duitmu akeh kang, sakmu kandel (Uangmu banyak kang, kantongmu tebal)," kata pria yang pernah bertemu Joko Kendil.

3. Viral Gegara Berpenampilan Unik

Warga antusias menanti Joko Kendil. (TikTok/ @andriyani118)

 

Joko Kendil viral setelah beberapa video FYP menampilkan aksi berjalan cepat tanpa alas kaki. Pria itu terekam berjalan cepat sembari menunduk di pinggir jalan. Saat direkam diam-diam, Joko Kendil mengambil langkah kecil dan berjalan semakin cepat dari waktu ke waktu.

Banyak warga yang bahkan menantikan Joko Kendil untuk mampir di wilayahnya. Beberapa di antara mereka berhasil mengobrol dan memperoleh nasihat dari Joko Kendil.

4. Nasihat dengan Makna Dalam

Pejalan cepat Joko Kendil viral di TikTok. (TikTok/ @rifaardy)

 

Joko Kendil pernah terekam memberikan nasihat cukup dalam kepada orang-orang yang pernah menemuinya. "Ojo edan awak e. Tapi edano marang Gusti Allah. (Jangan tergila-gila pada diri sendiri, tapi tergila-gila lah pada Gusti Allah)," kata Joko Kendil. Ia mengaku sebagai murid dari Syekh Hadi Demak Guntur.

Joko Kendil merupakan nama yang diberikan oleh gurunya. Nama asli Joko Kendil adalah Kusnan. "Ojo edan awak e. Tapi edano marang Gusti Allah. Nasihat kanggo wong urip. Rajin ngibadah. Donya ora suwe. Bakal dikukut karo Gusti Allah. (Jangan tergila-gila pada diri sendiri, tapi tergila-gila lah pada Gusti Allah. Nasihat buat orang yang masih hidup. Rajinlah beribadah. Dunia tidak lama. Bakal diambil oleh Allah)," ucap Joko Kendil menambahkan.

5. Berharap tak Terjadi Musibah pada 2030

Viral Joko Kendil berjalan cepat melintasi kota dan provinsi. (TikTok/ @malikhidayatt_)

 

Joko Kendil berharap tidak ada kejadian besar di tahun 2030. "Mugo-mugo ora ono kedadeyan 2030 mangkeh (semoga tidak ada kejadian di tahun 2030 nanti)," ucap Joko Kendil.

Ketika ditanya kejadian apa oleh YouTuber Sinau Hurip, Joko Kendil mengungkap bahwa kejadian 2030 seperti kejadian besar 2019. "Kejadian apa?" tanya Adi.

"Gampangane koyo 2019. Akeh sek do mati. Mugo-mugo ojo ngangsi lah (Gampangnya seperti 2019. Banyak orang meninggal. Semoga saja tidak terjadi)," jawab Joko Kendil.

Berdasarkan klaim Joko Kendil, ia meramal bahwa terdapat musibah pada 2030. Namun, ia berharap bahwa musibah besar tak terjadi. Musibah yang dimaksud oleh Joko Kendil seperti pandemi yang dimulai pada 2019 lalu.

Beberapa netizen mencurigai bahwa Joko Kendil merupakan ODGJ. Meski begitu, puluhan ribu netizen justru memuji cara Joko Kendil dalam beribadah dan mencari rida Tuhannya.

Itulah tadi lima fakta menarik mengenai Joko Kendil yang viral di media sosial, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Rendy Kjaernett Bilang Ia Mencintai Orang yang Tepat di Waktu yang Salah, Langsung Diceramahi Netizen