Minggu, 28 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 11 Oktober 2022 | 09:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Reserve Bank of India (RBI) mengatakan bahwa mereka akan memulai peluncuran percontohan Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) atau bisa disebut e-rupee dalam waktu dekat.

"Saat ini, kami berada di garis depan gerakan dasyat dalam evolusi mata uang yang secara tegas akan mengubah sifat uang dan fungsinya," kata Bank Sentral seperti dilansir dari Russia Today.

Rupee Digital mirip dengan mata uang kertas berdaulat, tetapi mengambil bentuk yang berbeda, dapat ditukar setara dengan mata uang yang ada, dan akan diterima sebagai alat pembayaran, alat pembayaran yang sah, dan penyimpanan nilai yang aman, menurut RBI.

"Catatan konsep juga membahas pertimbangan utama seperti teknologi dan pilihan desain, kemungkinan penggunaan rupee digital, dan mekanisme penerbitan, antara lain," tambah regulator.

Ilustrasi uang. (Pexels)

RBI mengharapkan rupee digital untuk menurunkan biaya penerbitan uang dan transaksi, karena regulator moneter global sekarang berusaha untuk mempopulerkan bentuk mata uang elektronik yang lebih dapat diterima di tengah berkurangnya penggunaan mata uang kertas.

CBDC ritel, yang dimaksudkan untuk penyelesaian transfer antar bank dan transaksi grosir terkait, akan berpotensi tersedia untuk digunakan oleh semua orang - sektor swasta, konsumen non-keuangan, dan bisnis.

Grosir CBDC, yang mewakili versi elektronik uang tunai yang terutama dimaksudkan untuk transaksi ritel, dirancang untuk akses terbatas ke lembaga keuangan tertentu.

Catatan konsep RBI mengatakan e-rupee akan meningkatkan ekonomi digital India, meningkatkan inklusi keuangan, dan membuat sistem moneter dan pembayaran lebih efisien.

BACA SELANJUTNYA

7 Cara Menjaga Keamanan Dokumen Digital Anda