Minggu, 28 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 29 Oktober 2022 | 08:49 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Orang Jawa tak perlu fasih berbahasa Inggris apabila liburan ke luar negeri, tepatnya di Republik Suriname. Momen pria yang mengobrol dengan orang Suriname ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna TikTok dengan akun bernama @serbarujak membagikan video mengenai orang Suriname yang fasih berbahasa Jawa.

Tak sedikit dari mereka yang lancar berbahasa Belanda sekaligus Jawa. Akun @serbarujak kerap membagikan konten mengenai kehidupan di Suriname.

Rupanya terdapat pula pelajaran bahasa Jawa di negara tersebut. Netizen salfok dengan logat campuran khas Jawa dan Amerika Selatan.

Akun @serbarujak mewawancarai orang dengan nama yang cukup familiar ditemukan di Jawa. Ada pula orang yang mempunyai nama gabungan antara Jawa dan luar negeri.

Momen orang Indonesia yang mengobrol dengan warga Suriname ini menarik perhatian netizen. (TikTok/ @serbarujak)

Video memperlihatkan bocah bernama Sherwin serta pria muda bernama Givanno Wongsodikromo.

"Aku Givanno Wongsodikromo. Aku manggon ning Den Haag karo bojoku. (Aku Givanno Wongsodikromo. Aku tinggal di Den Haag bersama istriku)," kata Givano.

Momen mengobrol dengan wanita cantik asal Suriname turut menarik perhatian netizen.

"Aku manggon ning Clevia karo bojoku. Aku duwe anak sitok. Aku wong Jowo. (Saya tinggal di Clevia dengan suami. Saya punya satu anak. Saya orang Jawa)," kata wanita itu.

Ia turut mengungkap bahwa mereka memang mengajarkan bahasa Jawa kepada anak-anak. Selain bahasa Belanda dan Amerika Latin, mereka turut mengajarkan bahasa Jawa kepada keturunannya.

Momen orang Indonesia yang mengobrol dengan warga Suriname ini menarik perhatian netizen. (TikTok/ @serbarujak)

"Ya, kami mengajarkan bahasa Jawa kepada anak-anak. Kami tumbuh bersama orang Jawa, jadi kami menggunakan bahasa Jawa di rumah," ungkap wanita di dalam video menambahkan.

Sebagai informasi, Suriname merupakan sebuah negara di Amerika Selatan. Mereka pernah menjadi negara jajahan Belanda di masa lampau.

Postingan video mengenai momen mengobrol dengan orang Suriname tersebut berhasil viral setelah ditonton lebih 3,5 juta kali dan memperoleh lebih dari 260 ribu tanda suka. Unggahan video viral ini mendapat beragam komentar dari netizen.

"Mantap, Jawa rasa internasional is real," kata @gi*a**6.

"Pas ngomong bahasa Jawa langsung medok," komentar @ser**do**t.

"Orang Jawa kalau mau liburan ke luar negeri pilih Suriname aja. Jadi nggak usah pusing belajar bahasa Inggris kalau di sini," pendapat @vania**vit**ar**tia.

"Fix lah, aku menguasai bahasa luar negeri, bahasa Suriname. Hebatnya aku," ungkap @luk**asa*i. Postingan video viral mengenai momen mengobrol dengan orang Suriname bisa dilihat melalui LINK INI.

BACA SELANJUTNYA

Viral Foto Rendy Kjaernett Makan Mi Bareng Wanita Misterius, Netizen: Jelas Si Syahnaz