Jum'at, 26 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 20 November 2022 | 15:29 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tilang elektronik kini gencar dilakukan oleh kepolisian di beberapa wilayah Indonesia. Sebuah video mengenai polisi yang sedang melakukan tilang elektronik ini justru bikin netizen salfok.

Akun TikTok @teamelanghebatsemarang membagikan momen saat seorang polisi sedang memotret pengendara motor menggunakan smartphone.

"ETLE Nasional presisi," bunyi keterangan pada caption. Postingan video yang dibagikan berhasil viral setelah ditonton lebih dari 5 juta kali dan memperoleh 226 ribu tanda suka.

Akun yang mengunggah video merupakan akun TikTok milik Tim Elang Polrestabes Semarang. Kita bisa melihat seorang polisi yang berjalan menuju lampu merah.

Ternyata terdapat pemotor yang tak mengenakan helm sehingga terkena tilang elektronik. Setelah memotret menggunakan smartphone, polisi itu lantas tersenyum dan menyapa pemotor.

Polisi melakukan tilang elektronik kepada pemotor. (TikTok/ @teamelanghebatsemarang)

Netizen menyoroti salah seorang pemotor yang malah tersenyum ketika terkena tilang. Tak hanya itu, pemotor yang tidak mengenakan helm itu juga memberikan hormat kepada polisi di depannya.

Dikutip dari Suara.com, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebelum ini telah menginstruksikan larangan penilangan manual.

Hal itu tertuang di Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022 18 Oktober 2022 dan ditandatangani langsung oleh Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi.

Polisi melakukan tilang elektronik kepada pemotor. (TikTok/ @teamelanghebatsemarang)

Dalam telegram itu, Kapolri juga menginstruksikan jajaran Korlantas untuk memberikan teguran kepada pelanggar lalu lintas dan tidak melakukan tilang secara manual.

Anggota Korlantas Polri turut diminta untuk dapat melayani secara prima dan menerapkan prinsip 3S (senyum, sapa, salam) saat pemberian pelayanan publik.

Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik kini telah diterapkan pada beberapa wilayah di Indonesia. Postingan video viral mengenai respons pengendara yang terkena tilang elektronik tersebut mendapat beragam komentar dari netizen.

Polisi melakukan tilang elektronik kepada pemotor. (TikTok/ @teamelanghebatsemarang)

"Itu yang difoto kok malah bahagia ndan (emoticon tertawa)," kata @yog**mar**na03.

"Wkwkw, itu polisinya mau ngakak tapi ditahan soalnya lagi tugas," balas @pe**da**asa.

"Nah ini baru namanya tilang yang bersahabat tanpa uang damai," pendapat @ru**ma.

"Cowoknya itu senyam-senyum tapi pas dapat surat cinta dari polisi pasti sedih (emoticon tertawa)" ungkap @be**n.

Postingan video viral mengenai respons gokil pemotor ketika terkena tilang elektronik tersebut bisa dilihat melalui LINK INI.

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan