Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 23 November 2022 | 15:03 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sepak bola menjadi salah satu olahraga terpopuler sejak Indonesia belum merdeka. Foto lawas mengenai tim sepak bola di era Hindia Belanda ini sukses menarik perhatian netizen.

Tak sedikit netizen yang dibuat salah fokus (salfok) melihat gaya para pemain sepak bola di dalam foto jadul.

Akun fanspage @perfectlifeid membagikan sembilan gambar mengenai klub sepak bola dengan gaya tak biasa. Rupanya foto tersebut menampakkan potret lawas klub sepak bola sebelum Indonesia meraih kemerdekaan.

"Potret gaya berpose para pemain antar klub sepakbola Hindia Belanda tahun 1920," tulis keterangan yang diunggah oleh akun @perfectlifeid.

Akun fanspage tersebut sebenarnya membagikan ulang foto jadul yang tersimpan para arsip online Leiden University. Pada arsip Digital Collection milik Leiden University memang tersimpan puluhan foto mengenai klub-klub sepak bola Hindia Belanda.

Foto jadul pemain antar klub sepak bola Hindia Belanda. (Instagram/ perfectlifeid)

Dalam deskripsinya, tertulis bahwa foto-foto itu diambil pada kisaran 1920 hingga 1940-an. Foto-foto menampakkan pemandangan pemain yang berkompetisi di daerah Batavia, Bandung, Semarang dan Yogyakarta.

"Voetbalelftal in Nederlands-Indië (tim sepak bola di Hindia Belanda)," bunyi keterangan pada salah satu foto yang tersimpan di Leiden University.

Foto-foto tersebut menyimpan satu persamaan yang disorot netizen. Bukan celana super pendek, namun beberapa pemain dari klub-klub Hindia Belanda ini memakai celana dengan model 3/4.

Tak hanya itu, mereka bahkan menggunakan ikat pinggang sehingga tampilan justru terkesan formal. Sebagian pemain mencukur kumis mereka, namun beberapa pemain masih mempertahankan kumis dengan gaya cukup nyentrik.

Foto jadul pemain antar klub sepak bola Hindia Belanda. (Instagram/ perfectlifeid)

Dikutip dari Wikipedia, timnas versi Hindia Belanda pada tahun 1938 menjadi tim Asia pertama yang lolos ke Piala Dunia. Mereka bermain hanya satu pertandingan, di mana mereka kalah 6-0 atas Hongaria.

Setelah Perang Dunia II dan dekolonisasi pada tahun 1947, timnas sepak bola Hindia Belanda secara resmi tidak ada lagi dan dilanjutkan oleh tim sepak bola Indonesia. Foto jadul pemain di klub-klub sepak bola Hindia Belanda ini memancing beragam komentar dari netizen.

Viral di media sosial, berikut berbagai tanggapan netizen dalam kolom komentar.

"Nggak bisa bayangin ngap banget lari pakai celana begitu..wkwk," kata salah satu netizen.

Foto jadul pemain antar klub sepak bola Hindia Belanda. (Instagram/ perfectlifeid)

"VOC Premiere League," canda netizen lainnya di Instagram.

"Cowok-cowok keren pada zamannya," balas salah satu netizen di Instagram.

"Setidaknya Hindia Belanda pernah ikut piala dunia. Sekarang tim senior Indonesia belum mampu lolos kualifikasi," pendapat salah satu netizen di Instagram.

Itulah foto jadul klub sepak bola masa Hindia Belanda yang viral di media sosial, usai ramai jadi sorotan netizen. Bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Rendy Kjaernett Bilang Ia Mencintai Orang yang Tepat di Waktu yang Salah, Langsung Diceramahi Netizen