Sabtu, 20 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 30 November 2022 | 21:19 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Soekarno merupakan Presiden pertama Indonesia yang sangat dicintai oleh rakyatnya. Sebuah foto jadul mengenai bocah yang memberi bunga kepada Soekarno ini berhasil menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Dimas Dwiputranto membagikan foto hitam putih melalui forum Indonesia Tempo Doeloe.

Ia menceritakan bahwa sang ibu pernah memberi bunga kepada Presiden pertama Republik Indonesia. Soekarno saat itu tersenyum sembari menyapa bocah perempuan kecil di depannya.

"Foto ibu saya dulu waktu masih kecil kasih bunga ke Presiden Soekarno pada saat pembukaan taman lalu lintas di Bandung. Kaget saya waktu ibu saya bersih-bersih album terus menemukan foto ini," tulis Dimas Dwiputranto pada keterangannya.

Tak hanya menyoroti momen manis saat Bung Karno diberi bunga, netizen justru menyoroti sosok petugas di belakangnya. Petugas yang berada di belakang Bung Karno tersebut nampak memakai celana pendek dan kaos kaki panjang.

Foto jadul Bung Karno saat diberi bunga ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Dimas Dwiputranto via Indonesia Tempoe Doeloe)

Masih belum diketahui apakah pria tersebut merupakan petugas khusus, tentara, atau polisi, namun keberadaannya membuat netizen penasaran.

Sang pengunggah postingan juga belum mengetahui mengenai identitas serta kesatuan petugas pada foto lawas itu. "Saya tidak tahu, ibu saya pun juga masih kecil jadi beliau kurang tahu," jawab sang pengunggah postingan ketika dicecar pertanyaan oleh netizen.

Terlepas dari rasa penasaran yang ada, terdapat beberapa foto lawas menampakkan tentara serta petugas yang masih menggunakan celana pendek. Bahkan dalam beberapa arsip online, terdapat tokoh penting setelah kemerdekaan juga memakai celana dengan gaya tersebut.

Ketika ditanya mengenai identitas sang ibu, pemilik postingan mengungkap bahwa ibunya kini merupakan seorang pensiunan dan pernah menjadi seorang dosen. Sang nenek saat itu menjadi panitia di kegiatan tersebut sehingga ibunya dapat hadir dan memberikan bunga kepada Bung Karno.

Foto jadul Bung Karno saat diberi bunga ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Dimas Dwiputranto via Indonesia Tempoe Doeloe)

"Ibu saya bernama Srijanti Soetjitro. Dulu dia adalah dosen dan pernah menjadi Dekan di Universitas Mercu Buana. Sekarang pensiunan, menikmati hari tua dengan cucunya," ungkap Dimas Dwiputranto (38). Foto jadul saat Bung Karno diberi bunga ini mendapatkan beragam komentar dari netizen.

"Pasti yang ditanya Bung Karno, halo siapa namanya, kelas berapa, cantik sekali," kata B**by M**bo.

"Pak polisi kalau pakai celana pendek terlihat atletis," balas Bd**z.

"Bapak yang nutup pintu seragamnya asyik banget," tulis Al**n Nur Fat**i.

"Unik seragam paspampres-nya," komentar Ch**ra Hars**a.

"Bukan polisi. tapi BKLL (Badan Kepemudaan Lalu-Lintas) dulu tahun 57-an polisi membentuk organisasi pemuda yang membantu polisi dalam bidang ketertiban lalu-lintas, juga Kepemudaan Polisi Umum. Tapi tahun 65 organisasi ini hilang," pendapat Suh**man Bac**iar.

Itulah tadi foto jadul mengenai momen Bung Karno diberi bunga oleh seorang bocah cilik, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Abizar Nyanyi Lagu dengan Suara Mirip Uje, Umi Pipik Doakan Ini