Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 05 Desember 2022 | 20:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Minggu (4/12/2022) kemarin telah berdampak pada infrastruktur telekomunikasi. Dilaporkan kalau jaringan Indosat dan Smartfren terganggu karena erupsi tersebut.

Hal ini disampaikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang menyebutkan kalau dua operator seluler telah terkena gangguan (down). Yakni jaringan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan Smartfren.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong telah mengeluarkan laporan Monitoring Dampak Bencana Erupsi Gunung Semeru terhadap Infrastruktur Telekomunikasi dengan status per 5 Desember 2022 pukul 10.00 WIB.

"Site impact ada satu site di Supit Urang yang down," kata Usman terkait BTS Indosat dalam keterangannya, Senin (5/12/2022).

Usman menjelaskan site Indosat yang terdampak ini masuk ke wilayah yang paling dekat dan paling tinggi di Gunung Semeru. Namun ia mengaku kalau masih ada kendala karena belum bisa dicek lebih lanjut.

"Belum bisa dicek karena lokasi belum bisa diakses karena masih diisolasi," sambungnya.

Selain Indosat, Usman mengungkapkan kalau ada lima BTS yang dilaporkan down. Gangguan itu dikarenakan listrik padam sejak kemarin siang dan area ini tertutup sehingga tidak bisa dilakukan mobile genset.

"Area Supit Urang, Oro Oro Ombo, Tamanayu, listrik padam sejak kemarin siang dan area ini tertutup, tidak bisa dilakukan mobile genset," kata dia.

Meski demikian posisi saat ini tinggal satu BTS yang mati. Sisanya sudah beroperasi kembali.

"Letak di Supit Urang, ini daerah Curah Kobokan," ucapnya.

Sementara untuk jaringan Telkomsel dan XL Axiata, Usman mengatakan masih aman. Tapi untuk Telkom masih belum ada laporan karena terkendala abu vulkanik Semeru.

"Akan segera disampaikan kembali update-nya," tukas dia.

Itulah laporan Kominfo terkini soal erupsi Gunung Semeru yang berdampak pada jaringan Indosat dan Smartfren. (Suara.com/ Dicky Prastya)

BACA SELANJUTNYA

Sasar Jateng-DIY, Smartfren Perkuat Jaringan dan Rilis Paket Data Baru