Jum'at, 29 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 07 Desember 2022 | 20:51 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Gara-gara alasan keamanan, Taiwan terbiktan larangan sektor publik terhadap platform China TikTok, begitu juga dengan negara-negara bagian AS yang menyusul larangan serupa pekan lalu di South Dakota.

Dilansir dari The Register (7/12/2022), Komisaris FCC AS memuji langkah Taiwan ini sebagai manuver "cerdas" dan Kementerian Urusan Digitalnya memiliki "kepemimpinan yang kuat."

Berbicara di University of Michigan pekan, direktur Biro Investigasi Federal AS (FBI) Chris Wray lebih lanjut menegaskan kembali bahaya keamanan yang terkait dengan TikTok dan memperingatkan agar media sosial ini tidak digunakan.

Selain masalah pengumpulan data oleh perusahaan induk TikTok, ByteDance, Wray mengatakan bahwa Beijing dapat memiliki kendali atas algoritma aplikasi sehingga memungkinkan manipulasi konten yang berpotensi memengaruhi penggunanya.

"Seorang pengguna dapat mengunduh aplikasi saat sarapan dan diberi makan konten supremasi kulit putih dan neo-Nazi secara terang-terangan sebelum makan siang," kata peneliti Olivia Little dan Abbie Richards tentang studi mereka tentang perilaku aplikasi tahun lalu.

Bulan lalu, Dewan Urusan Daratan Taiwan dilaporkan mengatakan pemerintah telah melarang perusahaan yang didanai China mengoperasikan platform online di Taiwan dan ByteDance tidak mengoperasikan cabang di Taiwan.

Namun, aplikasi seperti Tik Tok dan Douyin masih mudah diunduh di Taiwan, membuat mudah bagi warga negara di sektor swasta untuk menginstalnya.

Ilustrasi TikTok. (Pixabay/kantonbe)

Larangan sektor publik baru Taiwan memang melarang TikTok di ponsel, tablet, dan PC yang berurusan dengan birokrasi negara.

Larangan serupa pada perangkat yang berafiliasi dengan negara bagian diberlakukan oleh negara bagian South Dakota di AS pada 29 November. Perintah eksekutif South Dakota melarang tidak hanya penggunaan platform, tetapi juga mengunduh aplikasi, dan bahkan hanya mengunjungi situs di perangkat milik negara dengan konektivitas internet.

Selain itu, negara bagian Maryland di AS mengikutinya melalui arahan darurat dari Gubernur Larry Hogan.

Arahan Hogan, lebih komprehensif daripada yang lain karena juga menyanngkut pelarangan gadget dan software buatan Huawei Technologies, ZTE Corp, Tencent Holdings dan masih banyak lagi.

"Entitas-entitas ini menghadirkan tingkat risiko keamanan siber yang tidak dapat diterima oleh negara, dan mungkin terlibat dalam kegiatan seperti spionase dunia maya, pengawasan entitas pemerintah, dan pengumpulan informasi pribadi sensitif yang tidak tepat," kata pernyataan kalengan dari Maryland.

Arahan tersebut mengharuskan lembaga untuk menghapus produk apa pun dari jaringan negara, mengambil langkah-langkah untuk mencegah pemasangannya dan membatasi akses jaringan ke sana dalam waktu 14 hari sejak penerbitannya.

"Kami kecewa karena banyak lembaga negara, kantor, dan universitas yang telah menggunakan TikTok untuk membangun komunitas dan terhubung dengan konstituen tidak akan lagi memiliki akses ke platform kami," kata TikTok pada Selasa.

BACA SELANJUTNYA

Apa Itu Roleplay yang Viral di TikTok? Ketahui Dampak Buruknya?