Sabtu, 27 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 01 Januari 2023 | 17:35 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kongres Amerika Serikat telah secara efektif melarang TikTok untuk diinstal pada perangkat pemerintah.

Pertama, DPR AS melarang TikTok untuk diinstal pada gadget yang dikelolanya pada awal minggu ini, dengan menyebut adanya "risiko tinggi bagi pengguna" terkait potensi risiko keamanan.

Langkah ini sebaiknya dianggap sebagai pengantar apa yang akan datang untuk ByteDance.

Dilansir dari Android Police, Presiden Biden menandatangani undang-undang pengeluaran senilai $1,7 miliar yang juga mencakup ketentuan anti-TikTok.

Undang-undang tersebut akan memaksa pemerintahan Biden untuk menetapkan aturan tentang penghapusan aplikasi tersebut dari sebagian besar perangkat pemerintah pada pertengahan Februari.

Meskipun ada pengecualian untuk pejabat terpilih dan staf Kongres, larangan DPR menghapus pengecualian tersebut.

Anggota DPR yang menginstal TikTok pada perangkat yang dikelolanya akan diminta untuk menghapus perangkat lunak tersebut.

Langkah-langkah ini diambil hanya beberapa hari setelah ByteDance menggaji empat karyawan karena pelacakan tidak sah terhadap dua jurnalis Forbes.

Tekanan terus membesar bagi pemerintah AS untuk mengambil tindakan terhadap TikTok dan perusahaannya, meskipun sampai saat ini, hanya tindakan terkait Kongres yang telah diubah menjadi undang-undang.

Meskipun telah diajukan undang-undang yang akan melarang TikTok sama sekali dari perangkat di AS, tidak jelas apakah itu berpeluang lolos dari DPR dan Senat.

BACA SELANJUTNYA

Ramai di TikTok, Ini Sederet Dampak Buruk Main Roleplay pada Anak