Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 13 Januari 2023 | 15:01 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Friday the 13th atau hari Jumat tanggal 13 diyakini sebagai hari yang punya makna lain bagi banyak kepercayaan takhayul. Bahkan ada berbagai mitos Friday the 13th yang berkembang di berbagai kebudayaan.

Dikutip dari Suara.com, kepercayaan takhayul soal hari sial atau mitos Friday the 13th ini banyak berkembang di Britania Raya hingga Amerika Serikat.

Dilansir dari National Day Calendar pada Jumat (13/1/2023), berikut ini tujuh mitos Friday the 13th yang jarang diketahui:

 1. Perjamuan Terakhir memiliki 13 tamu

Perjamuan Terakhir atau dikenal sebagai The Last Supper menceritakan bahwa Yesus makan untuk terakhir kalinya dengan 12 muridnya sebelum penyaliban.

Ini berarti ada 13 tamu pada perjamuan terakhir. Diyakini bahwa Yudas adalah orang ke-13 yang menduduki kursinya. Yudas terkenal karena mengkhianati Yesus dan bunuh diri sesudahnya.

2. Dewa Kenakalan dan Kekacauan adalah tamu ke-13

Menurut mitologi Norse, ketika 12 dewa duduk bersama di sebuah pesta, seorang tamu tak diundang bernama Loki muncul. Loki adalah dewa kerusakan dan kekacauan. Karena ada 13 tamu di meja, salah satu dewa meninggal saat makan.

Oleh karena itu, hingga hari ini, beberapa tuan rumah menolak untuk memiliki 13 tamu di meja makan karena takut salah satu dari mereka akan meninggal.

3. Arti Alkitabiah untuk angka 13 memiliki arti yang tidak baik

Dalam Alkitab, angka 13 sering dikaitkan dengan pemberontakan dan pelanggaran hukum. Angka ini melambangkan semua pemerintahan yang diciptakan oleh manusia dan diilhami oleh setan.

Dalam kitab Markus, Yesus mengatakan 13 hal yang menajiskan seseorang. Beberapa dari hal ini termasuk pikiran jahat, pembunuhan, pencurian, kejahatan, hingga kesombongan.

4. Jumat adalah hari sial dalam seminggu

Sebagian besar orang menyukai Jumat karena hari terakhir bekerja sebelum akhir pekan. Namun secara historis, Jumat merupakan hari sial dalam seminggu. Mitos ini didasarkan pada abad ke-14 ketika Geoffrey Chaucer menulis Canterbury Tales.

Chaucer menulis, "dan pada hari Jumat jatuh semua kesialan ini." Di Inggris, Jumat adalah hari di mana para penjahat mendapatkan hukuman gantung. Karena alasan tersebut, Jumat dikenal sebagai Hari Hangman.

5. Penangkapan Ksatria Templar dimulai pada Jumat tanggal 13

Knights of Templar atau Ksatria Templar adalah ordo militer Katolik yang didirikan pada 1119. Mereka juga dikenal sebagai bankir yang cakap. Setelah kalah perang dari Inggris, Raja Philip IV dari Prancis berhutang banyak kepada para Ksatria.

Pada Jumat tanggal 13, raja memerintahkan penangkapan semua Templar. Setelah persidangan di Paris, beberapa Templar dibakar di tiang pancang.

6. Kutukan 13 huruf dalam nama

Menurut takhayul lama, jika seseorang memiliki 13 huruf di nama depan dan nama belakang, maka orang itu akan dikutuk. Berikut ini beberapa nama yang memiliki 13 huruf:

  • Charles Manson
  • Jeffrey Dahmer
  • Adolfus Hitler (nama baptis Adolf Hitler)
  • Saddam Husein
  • Osama bin Laden

7. Seorang komposer Italia meninggal pada Jumat tanggal 13

Meskipun banyak orang yang meninggal pada Jumat tanggal 13, namun seorang komposer Italia bernama Gioachino Rossini menganggap bahwa Jumat dan tanggal 13 adalah hal yang sial. Dia meninggal pada Jumat, 13 November 1868.

Itulah tujuh mitos Friday the 13th yang banyak berkembang namun mungkin belum ketahui. Lalu bagaimana hari jumat kamu kali ini? (Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

5 Mitos Solstis Desember dari Berbagai Belahan Dunia yang Jarang Diketahui