Kamis, 30 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 30 Januari 2023 | 12:20 WIB

Hitekno.com - ChatGPT diklaim sebagai teknologi AI atau kecerdasan buatan yang sangat cerdas. Meski begitu ternyata masih ada keterbatasan ChatGPT dalam memberikan jawab.

Teknologi AI yang berada di platform OpenAI tersebut disebut-sebut sebagai bot yang bisa menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan.

Bahakan kehadiran ChatGPT dinilai akan membawa perubahan yang sangat masif dalam industri kecerdasan buatan. 

Tak mengehrankan berbagai perusahaan hingga raksasa teknologi pun mulai mengincar teknologi AI yang bernama ChatGPT tersebut.

Namun di balik kehebatannya dalam menjawab semua pertanyaan, pastinya ada keterbatasan ChatGPT yang menjadi kelemahannya.

Keterbatasan ChatGPT

Meski dinilai sangat handal dalam memberikan referensi dan jawaban atas berbagai pertanyaan, ternyata ChatGPT juga memiliki keterbatasan. Dilansir dari Suara.com, layanan yang diberikannya hanya memiliki pengetahuan hingga tahun 2021 saja.

Artinya jurnal, penelitian, referensi, dan sumber lain yang muncul setelah 2021 belum terindeks dalam ChatGPT, dan bisa saja memberikan jawaban yang kurang relevan terkait pertanyaan yang diberikan. Terlebih untuk bidang yang penelitiannya berlangsung sangat cepat, yang update-nya bisa terjadi dalam tempo waktu singkat.

Tidak sedikit orang yang menggunakan fitur dari ChatGPT ini untuk membantu pekerjaannya. Mulai dari content writer, copy writer, penulis, dan lain sebagainya. Acuan referensi yang diberikan dinilai cukup relevan, dan masih bisa diandalkan untuk beberapa waktu kedepan.

Meski keterbatasa ChatGPT tersebut soal keterbaruan data, tidak menutup kemungkinan teknologi AI ini diperbarui dengan informasi-informasi terkini.

Juga pemanfaatkan teknologi AI ini juga mulai beragam, termasuk untuk diperintah-perintah dalam berbagai tugas. 

Cara Pakai ChatGPT

Untuk menggunakan ChatGPT ini sendiri, cara yang dapat kamu lakukan cukup mudah. Berikut ini cara pakai ChatGPT lengkap langkahnya:

  1. Buka situs resmi ChatGPT di https://chat.openai.com/auth/login 
  2. Kemudian pilih opsi Sign Up untuk membuat akun baru, atau Log In jika kamu sudah memiliki akun
  3. Masukkan alamat email dan nomor telepon di kolom yang telah disediakan
  4. Lakukan verifikasi nomor telepon, lanjutkan dengan pembuatan akun
  5. Setelah memiliki akun OpenAI, kamu dapat mengakses layanan ChatGPT
  6. Ketik pesan atau pertanyaan yang ingin ditanyakan lewat kotak teks yang ada di bagian bawah, kemudian klik tombol Send atau Enter
  7. Dalam waktu singkat Bot dari ChatGPT akan memproses pertanyaan tersebut dan memberikan jawabannya di layar secara real time.

Jika dilihat sekilas, apa yang disajikan oleh ChatGPT ini serupa dengan apa yang disajikan Google. Sebagai mesin peramban, Google juga menyediakan jawaban atas segala pertanyaan yang dimasukkan.

Namun ChatGPT dinilai lebih unggul dalam menyediakan referensi bacaan atau jurnal, sehingga banyak dijadikan rujukan oleh masyarakat modern.

Itulah berbagai informasi dan keterbatasan ChatGPT, teknologi AI cerdas yang tersedia di OpenAI.

BACA SELANJUTNYA

Apa itu Google Gemini? Teknologi AI Pesaing ChatGPT